BMKG: Banjir Rob Ancam Pantai Utara Jakarta

Nasional / 17 January 2012

Kalangan Sendiri

BMKG: Banjir Rob Ancam Pantai Utara Jakarta

Puji Astuti Official Writer
2349

Siklus bulan mati yang menyebabkan air laut naik atau rob dengan ketinggian sekitar 1,1 meter diperkirakan akan meluap diantara rentang waktu 19-24 Januari 2012 di wilayah pantai utara Jakarta, demikian peringatan yang diberikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Jika berbarengan dengan hujan intesitas sedang hingga lebat pada periode tadi, maka perlu ada kewaspadaan karena otomatis akan menambah ketinggian rob di darat," demikian jelas Kasubid Informasi BMKG Hary Tirto Djamiko sebagaimana dirilis Antaranews.com, Senin (16/1) lalu.

Sesuai dengan siklusnya, rob rutin terjadi setian bulannya, yaitu pada saat bulan purnama antara 1- Februari dan bulan mati.  Namun dengan intensitas hujan yang cukup tinggi terlebih di wilayah hulu, maka luapan air di wilayah DKI Jakarta akan semakin besar dan dapat menyebabkan banjir.  Menurut perkiraan BMKG, puncak musih hujan akan terjadi pada pertengahan bulan Januari hingga Pertengahan Februari. Untuk itu masyarakat harus mewaspadai bahaya banjir dan juga berbagai penyakit yang mengancam saat musim hujan.

Sumber : AntaraNews|Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami