Tips Bersahabat Dengan Lemak Dan Karbohidrat

Solusi Sehat / 16 January 2012

Kalangan Sendiri

Tips Bersahabat Dengan Lemak Dan Karbohidrat

Lestari99 Official Writer
3771

Bagi mereka yang mendambakan tubuh langsing menawan, lemak dan karbohidrat seringkali menjadi hal yang dihindari. Kedua unsur makanan ini dianggap berpotensi menyebabkan pertambahan berat badan. Padahal, tubuh tetap membutuhkan lemak dan karbohidrat agar dapat berfungsi dengan baik.

Lemak yang satu ini jangan Anda hindari. Lemak baik adalah jenis lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang terdapat pada minyak zaitun, minyak canola, kacang-kacangan, alpukat dan ikan.

Karbohidrat pun ada yang baik. Karbohidrat baik adalah jenis yang mengandung vitamin, mineral dan unsur nutrisi penting. Jenis karbohidrat ini terkandung dalam berbagai makanan alami, biji-bijian, nasi, dan sayuran yang mengandung tepung seperti jagung. Karbohidrat baik cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, tidak mudah diserap tubuh, sehingga baik bagi sistem pencernaan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh tanpa perlu mencemaskan berat badan:

Pilih makanan alami. Hindari mengkonsumsi makanan kemasan, fast food dan margarin. Jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

Tekhnik memasak aman. Ubahkan cara memasak Anda dengan lebih sering memanggang dan mengukus dibandingkan menggoreng. Jikapun harus menggoreng, gunakan minyak tumbuhan daripada menggunakan mentega atau margarin.

Menguliti. Jika Anda akan mengolah ayam atau bebek, pisahkan kulit dari daging sebelum diolah.

Susu bebas lemak. Jangan menjauhi susu karena susu mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Namun pilihlah susu tanpa lemak maupun yang berlemak rendah.

Sumber : Conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami