Rumah Terendam Banjir, Warga Denpasar Diungsikan

Nasional / 10 January 2012

Kalangan Sendiri

Rumah Terendam Banjir, Warga Denpasar Diungsikan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2371

Empat rumah nyaris tenggelam di Denpasar Barat, Bali akibat hujan deras yang turun sejak hari minggu (8/1). Sebanyak 71 orang dibawa ke Balai Banjar, Pagutan Padang Sambian untuk diungsikan. Korban langsung mendapat bantuan obat-obatan, selimut dan air bersih.

Empat rumah yang nyaris tenggelam tersebut berlokasi di Gang Bukit Indah, Jalan Gatot Subroto Barat, Denpasar, Bali. Sejumlah lokasi yang juga terendam banjir yaitu Kelurahan Sesetan, Sanur, dan Padang Sambian.

Menurut Sekretaris Kesbangpolinmas Provinsi Bali yang membawahi Pusat Pengendalian Operasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), Made Sukadana, penyebab banjir adalah karena tertutupnya saluran air dan alih fungsi lahan di sekitar kawasan tersebut. "Perubahan lahan yang terjadi di kawasan ini ikut menjadi penyebab terjadinya banjir," ucapnya seperti dikutip dari mediaindonesia, Minggu (8/1).

Curah hujan yang tinggi juga menyebabkan Banjir Bandang di Samarinda pada Senin (10/1). Diduga musibah ini disebabkan jebolnya tanggul milik salah satu perusahaan tambang di kawasan Kelurahan Simpang Pasir, Palaran.

Hujan yang kerap terjadi di tanah air memang rawan membawa musibah. Pemerintah harus melakukan antisipasi bencana dengan memperbaiki saluran air dan memperkokoh tanggul-tanggul air. Masyarakat pun harus tanggap bencana agar tidak ada korban jiwa dan kerugian materi makin bertambah.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami