Sayembara Berhadiah Bagi Pembunuh Polisi

Nasional / 9 January 2012

Kalangan Sendiri

Sayembara Berhadiah Bagi Pembunuh Polisi

Lestari99 Official Writer
2561

Paska tewasnya pemimpin geng kriminal Urabenos, Juan de Dios Usuga, polisi di bagian wilayah utara Kolombia meningkatkan kewaspadaannya. Pasalnya anggota geng Urabenos menawarkan hadiah uang US$ 500 (setara Rp 4,5 juta) bagi mereka yang berani membunuh polisi dan hadiahnya akan menjadi semakin besar jika yang dibunuhnya adalah polisi anti narkotika.

Jenderal Jose David Guzman selaku komandan polisi di kawasan itu sudah memperingatkan jajarannya perihal ancaman pembunuhan tersebut. Ancaman ini dinilai sebagai upaya intimidasi untuk menyerang dan menghancurkan aparat yang berusaha memerangi bisnis narkoba di negara ini.

Usuga tewas dalam insiden baku tembak dengan polisi saat penggerebekan acara pergantian tahun yang diadakan oleh bos narkotika ini. Setelah tewasnya sang pemimpin, geng ini justru semakin meningkatkan aktivitasnya. Anggota geng telah menutup jalan dan mengancam para pedagang agar tidak menjalankan aktivitas. Kondisi ini sempat melumpuhkan perekonomian warga polisi Antioquia dan Cordoba.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menyatakan perang melawan geng kriminal ini menjadi salah satu prioritas pemerintahannya. Presiden menawarkan hadiah US$ 2,1 bagi para informan yang bisa mengungkapkan keberadaan Otoniel, pemimpin geng Urabenos yang baru. Pemerintah Kolombia juga mengumumkan pembentukan kesatuan polisi baru di kota Santa Marta, salah satu basis terkuat Urabenos di pesisir Atlantik.

Geng narkotika memang menjadi masalah serius di Kamboja. Namun ancaman dan intimidasi yang dilakukan geng kriminal ini tidak menyurutkan langkah polisi kolombia untuk terus memerangi kejahatan yang telah mengakar di negara ini, apapun yang terjadi. Sebuah langkah pantang mundur yang bisa ditiru negara lain yang tidak menyerah pada kejahatan.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami