Perayaan Natal Umat Orthodoks di Berbagai Belahan Dunia

Internasional / 8 January 2012

Kalangan Sendiri

Perayaan Natal Umat Orthodoks di Berbagai Belahan Dunia

Puji Astuti Official Writer
3040

Jika sebagian umat Kristen merayakan Natal pada tanggal 25 Desember 2011 lalu, umat Kristen Orthodoks merayakannya pada Sabtu, 7 Januari 2012 kemarin. Mayoritas Kristen Orthodoks berada di negara Rusia, Yunani, Serbia dan Montenegro.

Dalam perayaan Natal, Sabtu lalu banyak pemimpin politik bergabung dengan warga dalam misa, termasuk di bekas negara komunis seperti Rusia.

Banyak tradisi yang dilakukan menjelang Natal di negera-negara penganut Orthodoks. Mereka yang di utara dan selatan Eropa akan menerakan hari raya Epifani pada hari Jumat, sebagai perayaan bagaimana Tuhan mewahyukan diri menjadi manusia. Pria muda di Bulgaria mengikuti kontes menyelam untuk mengambil salib di perairan dingin. Menurut kepercayaan mereka, pria yang berhasil mendapatkannya akan bebas dari roh jahat atau kesulitan.

Di Serbia, Presiden Boris Tadic dengan semangat Natal mengirimkan pesan perdamaian kepada Albania danSerbia serta negara tetangganya Kosovo. Namun dalam perjalanan menuju tempat ibadah di Visoki Decani, sebuah biara kuno Serbia di Kosovo ia mendapat protes dari orang-orang Albani yang melemparkan batu ke iring-iringan mobil lapis bajanya.

Natal adalah sebuah pesan bahwa ada sebuah pengharapan bagi manusia yang berdosa, pengharapan itu datang dari Tuhan yang mewahyukan diri-Nya menjadi manusia dalam sosok Yesus Kristus. Kapan pun umat-Nya merayakan kelahiran-Nya seharusnya tidak masalah selama tidak melupakan makna dari perayaan tersebut.

Sumber : voanews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami