Stephen Hawking Tak Lagi Bisa Bicara

Nasional / 6 January 2012

Kalangan Sendiri

Stephen Hawking Tak Lagi Bisa Bicara

Lestari99 Official Writer
7850

Kemampuan Profesor Stephen Hawking untuk berkomunikasi semakin memburuk hari demi hari. Pembantunya bahkan mengungkapkan bahwa ia hanya bisa mengeluarkan satu kata dalam satu menit. Fisikawan dunia yang paling terkenal ini mengunakan tekhnologi yang dioperasikan melalui kedutan di kedua pipinya untuk menuliskan kata-kata pada komputer. Sebuah sensor infra merah kecil pada kaca matanya mendeteksi kedutan pada pipi Hawking, kemudian memilih kata-kata yang terhubung untuk ditampilkan di layar komputer. Kata-kata yang dipilih kemudian diucapkan melalui synthesizer suara.

Saat Hawking (69) mulai menggunakan sistem ini, ia dapat mengucapkan 15 kata per menit. Namun penyakit saraf motorik yang membuatnya harus berada di kursi roda selama lebih dari 40 tahun dikabarkan bertambah parah, dan itu membuatnya tidak dapat menuliskan teks lebih dari dua paragraf dalam satu jam. Meskipun komunikasi yang lebih cepat masih memungkinkan untuk dilakukan, namun Hawking bisa kehilangan suara elektronik yang telah dimilikinya selama seperempat abad.

Asisten pribadinya, Judith Croasdell, berkata, “Dari hari ke hari, cara bicara Hawking menjadi semakin lambat, dan di hari yang buruk ia hanya dapat mengeluarkan satu kata dalam satu menit. Kami pikir hal ini mungkin disebabkan karena kinerja otot pipinya yang semakin melemah. Kami sedang mencari cara untuk memperbaiki keadaan ini dan profesor sepertinya perlu mengadakan uji coba terhadap tekhnologi baru.”

Stephen Hawking merupakan penulis terlaris dari bukunya A Brief History of Time. Ia terkena pneumonia di tahun 1985 dan membutuhkan trakeostomi yang membuatnya tidak mampu berbicara. Seorang ilmuwan Cambridge menciptakan perangkat yang memungkinkannya tetap dapat berbicara. Kemuculannya dalam berbagai program termasuk Star Trek: The Next Generation dan serial Channel 4 Genius of Britain, membuat tekhnologi suaranya dikenal publik.

Hawking dijadwalkan untuk memberikan pidato di Cambridge pada hari Minggu mendatang sebagai bagian dari konferensi empat hari untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Hawking didiagnosis menderita motor neuron ketika ia berusia 21 tahun dan saat itu ia diperkirakan tidak akan hidup lebih dari dua atau tiga tahun lagi.

Sumber : dailymail
Halaman :
1

Ikuti Kami