3 Cara Hindari Pengeluaran Tak Terkendali

Career / 31 December 2011

Kalangan Sendiri

3 Cara Hindari Pengeluaran Tak Terkendali

daniel.tanamal Official Writer
4262

Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk menyimpan uang/menabung untu kepentingan masa depan. Namun tak sedikit yang terus-menerus dihantui kegagalan dalam mengelola keuangan. Beth Kobliner, penulis buku Get a Financial Life punya jurus ampuh untuk meredam keinginan anda mengeluarkan uang dan lebih banyak menabung.

1. Berhentilah berusaha menabung. Ketika Anda berusaha menyisihkan uang dari gaji pada akhir bulan untuk menjadi tabungan, yang sering terjadi Anda malah menghabiskan seluruh gaji itu sehingga tidak ada sisa untuk ditabung. Untuk itu, Kobliner menganjurkan agar Anda bersikap tegas dengan segera mengalihkan sebagian uang begitu diterima. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi yang harus dibayar setiap bulan. Dengan adanya "pengeluaran wajib" seperti ini, Anda tidak akan mencoba untuk mengeluarkannya secara tidak bijak.

2. Gunakan uang tunai.
Studi yang dilakukan oleh peneliti dari MIT menemukan, orang-orang lebih rela membayar dengan kartu kredit daripada tunai. Artinya, begitu mereka memegang sejumlah uang dalam bentuk tunai, otomatis mereka akan lebih berhati-hati dalam menghabiskannya. Karenanya, Kobliner menganjurkan untuk menggunakan kartu kredit hanya untuk pengeluaran yang besar. "Sementara untuk keperluan sehari-hari, gunakan uang tunai," tambah Kobliner.

3. Sedang bad mood? Di rumah saja!

Survei membuktikan, orang akan lebih banyak mengeluarkan uang di saat suasana hatinya sedang buruk. Karenanya, apabila Anda baru saja bertengkar dengan pasangan, atau sedih karena dapat teguran keras dari atasan di kantor, berdiamlah diri di rumah pada akhir minggu. Mendengarkan musik favorit sambil membaca buku adalah cara yang "ekonomis" untuk meredam emosi negatif, daripada berjalan-jalan ke mal dan menghabiskan uang.

Sumber : Redbook - kompas career
Halaman :
1

Ikuti Kami