Kaleidoskop 2011: Berita Kristen Terheboh Tahun Ini (2)

Internasional / 29 December 2011

Kalangan Sendiri

Kaleidoskop 2011: Berita Kristen Terheboh Tahun Ini (2)

Puji Astuti Official Writer
3096

Tahun 2011 berbagai banyak hal terjadi dalam dunia ke-Kristenan dan gereja. Semua hal tersebut menjadi suatu pembelajaran dan juga sebuah refleksi bagi gereja dan umat untuk dapat berubah menjadi lebih baik dan menjadi semakin serupa dengan Kristus. Peristiwa apa saja itu? Simak beberapa berita pilihan berikut ini:

Pembakaran Kitab Suci yang Berbuntut Mengerikan

Seorang pendeta asal Amerika bernama Terry Jones yang melakukan tindakan diluar batas yang berdampak buruk terhadap kerukunan umat beragama di seluruh penjuru dunia. Dengan aksinya membakar kitab suci umat Muslim, Terry Jones membuat penganiayaan terhadap umat Kristen di negara-negara yang mayoritas Muslim semakin hebat. Berbagai pihak baik dari berbagai agama juga para pemimpin dunia mengecam keras tindakan Terry Jones tersebut.

Bagaimana Sebaiknya Orang Kristen Menyikapi Kematian Osama Bin Laden?

Tewasnya Osama Bin Laden ditangan tentara Amerika mengagetkan dunia, termasuk para pemimpin gereja. Respon mereka pun bermacam-macam, mulai dari yang gembira, sedih bahkan mengajak umat untuk mendoakan gembong organisasi teroris dunia tersebut.

Hanya Bom Inilah yang Meledak pada Hari Paskah Kemarin

Perayaan Paskah 2011 diwarnai dengan ancaman bom. Namun berkat kesigapan petugas kepolisian, bom yang ditaruh di dekat Gereja Christ Cathedral Serpong berhasil dijinakkan. Bahkan dalam waktu singkat para pelakunya dapat ditangkap. Namun tidak seperti di Indonesia, di Irak sebuah bom meledak di pintu gerbang sebuah gereja Katolik. Akibatnya dua orang polisi dan dua orang warga sipil tewas.

Terpidana Kasus Penusukan Jemaat Ciketing Sudah Bebas Semua

 Menjelang pertengahan tahun, wajah kerukunan antar umat beragama kembali tercoreng dengan kasus penutupan gereja HKBP Ciketing, Bekasi dan juga penusukan pendetanya. Namun sayangnya, kasus ini berakhir dengan kesepakatan damai dengan pemindahan lokasi gereja dan pembebasan para pelaku penusukan.

Inilah Pemikiran Umat Kristen Di Balik Kejadian Tragis Bom Solo

Di bulan September, kembali duka menerpa bangsa ini dengan aksi bom bunuh di gereja GBIS Kepunton, Solo. Berbagai kecaman terlontar atas aksi terorisme tersebut. Apa yang terjadi membuat masyarakat Indonesia semakin sadar bahwa paham radikalisme berdampak sangat merusak dan harus segera dilawan.


 

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami