Tradisi Hidangan Natal dan Tahun Baru Di Lima Benua (2/2)

Entertainment / 29 December 2011

Kalangan Sendiri

Tradisi Hidangan Natal dan Tahun Baru Di Lima Benua (2/2)

Lois Official Writer
4137

Berikut ini adalah makanan khas Natal yang disediakan pada malam Natal. Ada juga makanan yang bermakna khusus yang disediakan di hari Natal ini. Selain Natal, ada juga menu makanan Tahun Baru yang biasanya dimakan oleh penduduk di dua benua ini. Berikut ini adalah ulasannya.

AMERIKA

Budaya Natal di Amerika banyak diadopsi dari Inggris termasuk turkey panggang, ham, babi, dan sapi yang diolah jadi makanan. Selain itu, ada juga pumpkin pie, puding Natal, trifle, marzipan (kue yang bahan utamanya gula dan almond), pfeffernusse (kue kecil yang padat, bulat yang berisi almond atau walnut), kue gula, kue buah, apple pie, gooseberry pie, kue wortel, buche de Noel, dan mince pies.

Di Meksiko, makanan yang tersedia beragam dengan buah-buahan dan salad. Di pusat Meksiko, disajikan bacalao (ikan kod) dan romeritos (rosemary) yang disajikan dengan tikus. Di Meksiko Utara, makanan tradisionalnya adalah tamales (tepung jagung yang diolah dan dibungkus dengan daun, bisa ditambahkan daging, keju, sayur, maupun cabe).

Di America mereka mengkombinasikan masakan babi dengan acar kubis untuk jaminan keberuntungan dan kejayaan. Masyarakat di Amerika bagian barat laut,biasanya makan ikan salmon untuk mendapatkan keberuntungan.

EROPA

Natal di Perancis dirayakan lewat hidangan makan malam dengan menu daging yang disebut ‘le reveillon’. Reveillon berarti bangun atau panggilan untuk hari pertama, yang diartikan sebagai simbol kebangkitan spiritual di hari kelahiran Yesus. Daging tersebut bisa terdiri dari tiram, salmon asap, lobster, sosis, ham bakar, bebek panggang, angsa atau kalkun dengan chestnut dan isian. Di negara jantung Eropa ini juga orang-orang biasa merayakan Natal dengan memasak pie yang bernama pain calendeau. Kue ini disajikan dengan cara dipotong menyilang kemudian dimakan hanya setelah bagian yang pertama diberikan kepada orang yang miskin. Ada juga 13 makanan penutup yang biasanya disediakan di daerah Provence. Makan malam itu ditutup dengan 13 menu makanan yang mempresentasikan Yesus dan ke-12 muridNya. Biasanya menu ini tersedia sampai 27 Desember.

Di Jerman, angsa panggang yang dilengkapi dengan kentang, kubis, wortel, ubi, dan acar adalah menu favorit Natal yang biasanya dihidangkan saat jamuan malam Natal. Di daerah pedesaan selatan Jerman, menu biasanya terdiri dari makanan yang berasal dari babi hutan dan daging rusa.

Acara Tahun Baru selalu ditandai dengan makan babi. Babi yang diasosiasikan dengan montok dan banyak makan merupakan alasan yang bagus buat mereka makan babi pada saat Tahun Baru. Selain itu, babi juga selalu menggali ke depan sehingga bisa jadi orang-orang Eropa menyukai ide ini di tahun baru mereka.

Setelah mengenal berbagai menu makanan yang ada di seluruh belahan dunia, mungkin Anda bisa memakai salah satu menu yang ada untuk menu makan malam Natal ataupun menu makan tahu baru bersama keluarga atau orang-orang yang Anda cintai

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami