Perlunya Alokasi Keuangan

Investment / 26 December 2011

Kalangan Sendiri

Perlunya Alokasi Keuangan

Hot Triany Nadapdap Official Writer
3450

Mitra CBN!

Selamat Natal Bagi Anda dan Keluarga. 

Artikel kali ini membahas Sesi tanya jawab bersama Cornelius Wings pada Seminar Keuangan The Truth About Money And The Bible - Keys For Financial Breakthrough  

 Tanya:

“Apakah prinsip perpuluhan masih berlaku di jaman sekarang, dan masih relevan?”

Jawab:

“Apa yang saya bicarakan dan bawa dalam seminar ini, tentu saja sejauh yang saya pahami. Menurut studi yang saya pelajari tentan perpuluhan, di Perjanjian Baru tidak cukup didapatkan bukti bahwa perpuluhan dijalankan pada gereja mula-mula. Kita tidak punya bukti kuat tentang hal itu. Saya juga belajar tentang Apostolik Tradition yaitu gereja tradisi rasul-rasul gereja purba, mereka juga tidak mengajarkan tentan itu. Yang diajarkan Paulus, juga ajaran sehat dan juga tidak mengandung perpuluhan. Saya tidak dalam kapasitas mengatakan perpuluhan benar atau salah, tetapi sejauh yang saya pahami, saya tidak mendapatkan bukti tentang perpuluhan. Orang-orang banyak mengangkat issue Maleakhi 3:10, supaya ada….di perbendaharaan rumah Allah. Tetapi rumah Allah dalam PB, ada 3 artinya dan bukan gedung, bukan organisasi, melainkan Tubuh Yesus, kita sebagai Bait Allah, dan komunitas orang percaya sebagai Rumah Allah. Berarti konsekwen dengan pengertiannya, memberikan perpuluhan pada kita sebagai rumah Allah juga tidak menjadi masalah. Jangan mengatakan rumah Allah adalah gereja atau denominasi atau merek atau organisasi karena mestinya lebih dari itu. Sekali lagi, gereja mula-mula itu dipanggil untuk memberi seluruhnya. Tapi, dalam PB memberi tidak hanya 10%, mereka memberi hidup mereka, ada dari mereka yang menjual rumah dan membagi-bagikannya.”  

 

Tanya:

Menurut seminar hari ini, syarat diberkati Tuhan adalah dengan mengikuti prinsip-prinsip Kerajaan Allah, tetapi banyak orang yang hidup mereka sepertinya diberkati, padahal mereka mengikuti Mamonash.  

Jawab:

“Banyak orang yang diberkati dengan tidur nyenyak dan sebagian orang diberkati dengan tidak tidur nyenyak. Kita semua punya hati nurani, kita bisa memeluk uang kita sambil tersenyum kepada Tuhan dan mengucapkan terima kasih, tetapi bisa juga tidur dengan berkat  menindih kita, dengan jantung yang berdetak tidak teratur dan mengkhawatirkan tentang hari esok. Alkitab berkata bahwa lebih bahagia memberi daripada menerima. Kata bahagia itu berasal dari dalam ke luar, bukan dari luar ke dalam. Makanya orang berlimpah harta, tetapi tidak bahagia dari dalam bisa berbahaya. Bahagia itu adalah kehendak Allah! Tidak ada orang bahagia di luar kehendak Allah!”  

 

Tanya:

Apakah ada persentase ideal dalam mengelola keuangan setiap bulan? Mengapa menjadi penting untuk mengatur keuangan pada posting-posting tertentu?  

Jawab: 

“Prinsipnya adalah berilah maka kamu akan diberi. Apa yang kamu ukurkan akan diukurkan kepadamu. Jadi ukuran berkat yang akan kita terima justru ada di tangan kita, seberapa besar kita memberi maka kita akan menerima sebesar itu pula. Jadi ukurannya apa? Di perjanjian baru, ukurannya nyawa, bahwa apa yang kita miliki adalah milik Tuhan. Tapi, posting-posting keuangan yang jelas itu, penting. Kenapa? Karena sebagai manusia, kita cenderung disorientasi. Jangan sampai kita mengecilkan yang satu untuk membesarkan yang lain, karena kita bisa masuk dalam in-balance (ketidakseimbangan).” 

 

Tanya:

Apa technology of mind yang harus dimunculkan untuk bisa melewati apa pun pergumulan hidup yang bapak alami?

Jawab:

“Bagi saya dalam menghadapi pergumulan-pergumulan hidup, dengan memiliki sikap hidup:

  1. Tuhan berdaulat dan pegang kendali. Kenapa saya takut kalau Dia sutradara sekaligus penulis skenarionya.
  2. saya tahu maksud Allah selalu baik dalam menguji saya.
  3. saya tahu ujung hidup saya akan bagaimana.

Dengan ketiga hal ini tentramlah kehidupan saya, apa pun problemanya.”

 

Apakah ada pertanyaan yang sering terpikirkan oleh Anda terjawab oleh diskusi dan tanya jawab di atas? Apakah Anda menemukan jalan keluar permasalahan keuangan melalui diskusi seminar di atas? Apa kesaksian Anda mengenai jawaban di atas? Ceritakan kepada kami.

Sumber : Liputan Seminar Keuangan 2011
Halaman :
1

Ikuti Kami