Tradisi Hari Natal Unik Berbagai Negara (1)

Nasional / 25 December 2011

Kalangan Sendiri

Tradisi Hari Natal Unik Berbagai Negara (1)

daniel.tanamal Official Writer
2295

Setiap negara tentu mempunya budaya tertentu yang berlainan satu sama lain, walau tidak jarang ditemui kemiripan dan kesamaan. Begitupun pada Hari Natal, tiap negara mempunyai tradisi tersendiri untuk merayakannya. 

Meskipun banyak orang akan kaget dan heran melihat aneh dan uniknya tradisi itu, namun bagi mereka yang melakukannya hal itu tentu saja sebagai wujud ekspresi ucapan syukur dan peringatan bagi sang juruselamat manusia. Dari rilis openjourney, Jawaban.com menghadirkannya untuk anda.
 
Inggris Raya – Skotlandia, Wales, Irlandia
Jika ingin Natal Anda ingin menjadi kenyataan di Inggris, yang harus dilakukan adalah mengambil giliran mengaduk puding Natal. Puding Natal tradisional terbuat dari buah kering dan kacang-kacangan, mirip dengan kue buah. Puding tersebut sering disiram
Brandy yang mudah terbakar dan akan diletakkan di sebuah ruangan remang-remang untuk efek dramatis.

Eropa Selatan – Spanyol, Portugal, Italia

Sebuah tradisi Natal tradisional di beberapa bagian Spanyol, Portugal dan Italia, adalah membuat model desa Betlehem. Termasuk di dalamnya diletakkan miniatur Maria, Yusuf dan bayi Yesus serta 'Caganer'.

'Caganer' adalah sebuah patung, tradisional manusia, yang sedang buang air besar, dengan celana yang diturunkan di sekitar lutut membungkuk dengan tumpukan kotoran di belakangnya. Jangan salah, gereja Katolik mengizinkan adanya miniature ini karena punya makna dan arti tersendiri pada budayanya terhadap Natal.

Di Barcelona Spanyol, Caga Tió, kayu gelondongan buang kotoran, adalah tradisi Natal aneh dan meluas di Barcelona. Ini dimulai dengan kayu gelondongan dilubangi, yang disangga pada empat kaki kecil seperti tongkat dan kemudian dicat seolah memiliki wajah.

Setiap malam, mulai tanggal delapan Desember, Caga Tió diberi makan dan diselimuti (sehingga tidak kena flu). Saat malam atau hari Natal, Caga Tió  diletakkan dekat perapian, dipukuli dengan kayu dan diperintahkan buang air besar. Untuk menyemangati agar Caga Tió mau buang air besar, dinyanyikan sebuah lagu dengan lirik menarik.


Setelah Caga Tió selesai mengeluarkan kotoran seperti permen dan kacang, Caga Tió kemudian akan memberikan satu dorongan terakhir untuk mengeluarkan bawang merah, bawang putih atau ikan harring asin.

Sumber : OpenJourney - niello
Halaman :
1

Ikuti Kami