87 Ribuan Personil Keamanan Jaga Perayaan Natal

Internasional / 24 December 2011

Kalangan Sendiri

87 Ribuan Personil Keamanan Jaga Perayaan Natal

Lois Official Writer
2350

Menjelang Natal tahun ini, gereja-gereja dijaga sangat ketat oleh aparat keamanan. Bukan hanya gereja-gereja yang besar, semua gereja kecil juga akan dijaga. Hal ini dilakukan untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa aparat keamanan di berbagai kota yang sudah mengkonfirmasikan penjagaan ini, yaitu :

Bandung

14 gereja besar dan 162 gereja lainnya di Bandung akan dijaga oleh 4.415 personel gabungan dari Polrestabes Bandung, polsekta di jajaran Polrestabes Bandung, Polda Jawa Barat, Brimob, TNI, Dinas Perhubungan Kota Bandung serta organisasi lainnya seperti PMI dan Pramuka.

Boyolali

Menurut Kabag Humas Polres Boyolali, AKP Margono, mewakili Kapolres Boyolali, AKBP Hastho Rahardjo, bahwa akan ada 884 personel polisi di wilayah Boyolali yang disiagakan di 90 gereja yang ada di Boyolali. Namun, ada 270 orang yang diplot sebagai personel pokok dan ditempatkan di pos-pos yang telah ditentukan.

Jakarta

Di Jakarta sendiri, Polda Metro Jaya dan jajarannya menurunkan 5.899 personel. Tidak hanya itu, 1.500 personel dari Pemerintah Daerah juga diturunkan dalam rangka mengamankan Natal. Ada 45 gereja di wilayah DKI Jakarta yang mendapatkan perhatian ekstra.

Jawa Tengah

Sebanyak 24 ribu aparat dari Polda Jateng akan dilibatkan dalam operasi Lilin Candi 2011 di Jawa Tengah ini. Di Solo misalnya, ada Banser NU yang turut berjaga di dalam gereja.

Medan

Pihak kepolisian pun melakukan pengamanan ekstra ketat di 553 gereja di Medan, Sumatera Utara.

Sulawesi Utara

Sulawesi Utara sendiri melibatkan 1.700 aparat yang terdiri dari 200 personel Polda, 1.500 personil dari Polres dan jajaran. Dengan 46 posko pam operasi lilin.

Samarinda

Sebanyak 747 personel nantinya akan disiagakan untuk mengamankan gereja. Namun pembagian personel pengamanan di setiap gereja Samarinda ini akan ditentukan berdasarkan jumlah jemaat maupun tingkat kerawanan.

Subang

Pengamanan 25 gereja di wilayah Subang akan diamankan oleh 831 personal dan back up dari Brimob sebanyak dua SST, TNI, Dishub, Satpol PP, dan satpam masing-masing 60 personel.

Banyaknya aparat keamanan yang bertugas untuk mengamankan setiap perayaan Natal yang akan dilakukan ini diharapkan tidak adanya orang yang nekat melakukan pemboman atau hal-hal jahat lainnya. Namun, kita juga percaya Tuhanlah yang menjadi Penyelamat yang terbaik yang bisa kita punya, baik sebagai penyelamat jiwa maupun rohani.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami