Berantas Korupsi, Meksiko Pecat 900 Polisi

Nasional / 22 December 2011

Kalangan Sendiri

Berantas Korupsi, Meksiko Pecat 900 Polisi

Lestari99 Official Writer
4599

Aksi korupsi yang mengakar di kepolisian Meksiko membuat pemerintah meksiko mengambil tindakan tegas. Seluruh anggota kepolisian di Veracruz-Boca del Rio yang berjumlah lebih dari 900 orang dipecat demi memerangi korupsi dan meningkatkan keamann di tengah maraknya kekerasan terkait perdagangan narkotika. Gubernur Veracruz, Javier Duarte de Ochoa mengatakan keputusan untuk membubarkan kepolisian adalah bagian dari program nasional reformasi polisi.

Angkatan laut Meksiko kini mengambil alih tugas-tugas polisi. Pasukan Angkatan laut bersama dengan anggota polisi federal menempati gedung-gedung kepolisian dan melakukan patroli di jalan-jalan. Belum diketahui berapa lama pasukan pengganti ini akan bertugas menjaga keamanan di Boca del Rio yang populasinya mencapai 600.000 jiwa meliputi kawasan perumahan mewah serta tujuan pariwisata populer.

Reformasi besar-besaran ini dipicu insiden rangkaian pembunuhan yang diduga terkait perang memperebutkan rute-rute perdagangan narkotika di antara dua kartel narkotika terkuat di Meksiko, yaitu Zetas dan Gulf. September lalu, 35 mayat dibuang di sebuah jalan raya yang ramai di siang hari. Dua minggu kemudian AL menemukan 32 mayat di tiga gedung yang berbeda. Polisi setempat dianggap tidak mampu mengimbangi kekuatan sindikat perdagangan narkotika ini.

Reporter BBC di kota Meksiko, Ignacio de los Reyes, melaporkan korupsi dan disusupinya kepolisian oleh pelaku kejahatan menjadi tantangan terberat yang dihadapi Meksiko dalam perang melawan kartel. Selain mengerahkan pasukan, Presiden Felipe Calderon juga menekankan pentingnya reformasi polisi dan jajaran penegak hukum dalam strategi mengembalikan keamanan publik. Sejak Calderon mengerahkan kekuatan militer melawan sindikat narkoba di tahun 2006, lebih dari 40.000 orang tewas dalam kejahatan terkait narkotika di Meksiko.

Apa yang dihadapi Meksiko dalam melawan korupsi bukanlah hal yang gampang. Namun mereka berani mengambil langkah ekstrim demi memberantas korupsi di negeri yang telah mendarah daging akan korupsi dan kekerasan. Suatu contoh yang mungkin dapat dijadikan pembelanjaran dalam memberantas korupsi di Indonesia.

 

Baca juga:

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami