13 Sensasi Aneh Di Tubuh Kita (2)

Solusi Sehat / 15 December 2011

Kalangan Sendiri

13 Sensasi Aneh Di Tubuh Kita (2)

daniel.tanamal Official Writer
4112

Menggelitik Diri Sendiri

Geli ah, kalau digelitiki. Coba jari-jemari Anda sendiri yang mengulik ketiak atau pinggang, dijamin tubuh Anda tak bereaksi sedikit pun. Mustahil menggelitik tubuh sendiri sampai meliuk-liuk kegelian karena jari jari kita tak mampu mengelabui otak kita. Cerebellum, bagian di otak yang bertugas memantau gerakan, bisa membedakan  antara sensasi yang diharapkan dan tidak diharapkan. otak sudah memasang antisipasi atas aksi jari-jari tangan dan bilang kepada tubuh untuk cuek saja.

Bau Badan

Setiap mamalia memiliki aroma tubuh yang unik, yang ditentukan oleh faktor genetik. Itu artinya di dunia ini tak orang lain yang bau badannya sama seperti BB Anda, kecuaii Anda kembar identik. Pola makan jugs ikut memengaruhi bau bagan, tetapi tidak bisa benarbenar mengubahnya dari keaslian bau khas Anda.

Bau Kaki

Satu kaki kita saja punya lebih dari 250 ribu kelenjar keringat, yang memproduksi hampir satu galon keringat per minggu. Bila kita berkeringat, otomatis akan menarik bakteri di kulit. Bakteri-bakteri itu akan berpesta menyantap keringat dan muncullah bau tak sedap. Eit, jangan kemudian menyalahkan bakteri. Bau kaki itu karena sepatu dan kaus kaki. Kalau kaki selalu tertutup, bau tak bisa menguap. Jadi, tidak salah kalau kaki menguarkan bau tak sedap.

Merinding

Di tengah udara dingin, atau bila kits berada di ruang bawah tanah yang pengap, bekas penjara zaman Jepang pins, hiiiii, pasti berdiri si bulu roma. Merinding disebabkan oleh hormon stres adrenalin yang dilepaskan saat kita dingin atau takut. Adrenalin mendorong otot-otot kecil yang melekat pads rambut, sehingga meregang. Merinding sejatinya merupakan mekanisme pertahanan pads saat nenek moyang kita masih memiliki banyak rambut di tubuh. Berdirinya rambut itu membantu nenek moyang tetap merasa hangat, dan juga tampak mengerikan jika bertemu musuh.

Sumber : kompas.health
Halaman :
1

Ikuti Kami