Donor

Nasional / 13 December 2011

Kalangan Sendiri

Donor "Dua Jerigen" Darah Dapat Penghargaan Presiden

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3245

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberi anugerah gelar kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada 1.329 pendonor darah di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2011).

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menerangkan, pendonor yang diberi penghargaan adalah mereka yang sudah pernah menyumbang darah 100 kali lebih.

Artinya, mereka sudah jadi pendonor sejak 25 tahun dengan asumsi darah yang disumbangkan 300 liter atau setara dengan dua jerigen. "Itu setara dengan 300 liter atau dua jerigen darah isinya," ungkap Jusuf Kalla saat memberikan sambutan seperti dikutip dari detiknews, Selasa (13/12).

Selain memberikan penghargaan kepada mereka yang telah aktif mendonorkan darah, harapan diadakannya acara ini adalah makin banyak masyarakat yang terbeban untuk mendonorkan darah. Berdasar data PMI, kebutuhan darah nasional adalah 4 juta kantong per tahun. Sebagian besar darah itu diperoleh dari donor darah sukarela (83 persen).

Mendonorkan darah memang bukanlah kewajiban namun sebuah kerelaan. Dengan mendonor darah, kita telah menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada sesama. Hal ini akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami