Beritahu Anak Anda, Arti Kado Natal Sebenarnya.

Parenting / 9 December 2011

Kalangan Sendiri

Beritahu Anak Anda, Arti Kado Natal Sebenarnya.

daniel.tanamal Official Writer
7187

Bagi kebanyakan anak-anak, Natal diidentikan sebagai hari bahagia dimana keluarga berkumpul, kemeriahan pada perayaan juga yang utama adalah kado dan hadiah Natal. Santa Claus pun sebenarnya lebih dikenal anak-anak karena tokoh ini suka memberikan kado Natal.

Memang esensi khusus Natal, bukanlah terletak pada sebuah kado atau hadiah. Namun anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka hanya akan memperhatikan hal yang membuat senang dirinya. Termasuk sebuah kado yang diharapkannya. Menghadapi situasi ini anda tidak perlu untuk khawatir, anak akan kehilangan makna Natal yang sebenarnya.

Cukup dengan memberikan pengertian secara sederhana, bahwa kado Natal adalah hadiah atas tingkah laku yang baik dari anak selama ini. Jangan juga terlalu berlebihan membelikan kado Natal. Hal itu hanya akan membuatnya menjadi ‘tukang tagih” setiap Natal tiba. Ajari dan beritahu beberapa hal sederhana namun penting dibawah ini kepada anak anda,

Ajari sikap saling memberi

Ajari anak anda bahwa Natal mempunyai makna kasih sayang dengan saling berbagi mengasihi dan menghargai. Jika selama ini anak selalu mendapatkan kado Natal maka kini saatnya ia memberikan kado Natal untuk teman yang nasibnya kurang beruntung secara ekonomi.

Tidak harus merogoh kocek banyak. Karena barang lama yang masih layak pakai dapat diberikan sebagai kado natal. Walau kemungkinan hal ini sulit diterima anak anda karena kado yang akan diberikan itu adalah kepunyaannya, namun ada pelajaran berharga bahwa kita menanamkan rasa empati dan kepedulian yang akan berpengaruh terhadap dirinya dewasa kelak.

Ajari selalu mengucap syukur

Hal mulia yang akan membuat sukacita Natal terasa adalah mengucap syukur atas berkat dan anugerah yang kita terima. Ajarilah anak anda untuk selalu mengucap syukur dan tahu cara berterima kasih. Ajari mereka untuk peduli kepada keluarga, teman-temannya juga kepada Tuhannya.

Kado Natal yang tepat guna

Pemilihan kado merupakan yang terpenting. Karena kado dapat menjadi sumber motivasi untuk anak. Kado tidak selalu harus mahal dan mewah. Yang utama berikanlah kado edukatif semisal permainan yang mengasah otak ataupun mengembangkan kreativitas anak.

Halaman :
1

Ikuti Kami