Obama Puji Indonesia Sahkan Nuklir

Nasional / 7 December 2011

Kalangan Sendiri

Obama Puji Indonesia Sahkan Nuklir

Lestari99 Official Writer
3419

Presiden AS Barack Obama melayangkan pujian pada Indonesia, Selasa (6/12), atas tindakannya mensahkan Kesepakatan Larangan Uji Coba Nuklir Secara Menyeluruh (CTBT). Indonesia menjadi negara ke-156 yang mensahkan kesepakatan ini.

Obama menyebut Indonesia sebagai “contoh yang kuat dari peran kepemimpinan yang positif” dalam upaya global demi mencegah penyebaran senjata nuklir, dan menandatangani kesepakatan CTBT merupakan sebuah hal yang penting.

“Saya mendesak semua negara agar menandatangani dan mensahkan kesepakatan tersebut sehingga kesepakatan itu dapat diberlakukan sesegera mungkin. Amerika harus memimpin upaya global guna mencegah penyebaran nuklir, dan pengesahan serta pemberlakuan segera CTBT merupakan bagian penting dari upaya itu,” ujar Obama dalam salah satu pernyataannya.

CTBT pertama kali disahkan oleh Sidang Majels Umum PBB pada 10 September 1996, yang berisi larangan peledakan nuklir di semua lingkungan hidup, bagi tujuan militer atau sipil. Kesepakatan tersebut diberlakukan setelah mendapat pengesahan dari China, Republik Rakyat Demokratik Korea, Mesir, India, Iran, Israel, Pakistan dan Amerika Serikat – negara yang ikut dalam perundingan antara 1994 dan 1996 serta memiliki reaktor listrik tenaga nuklir atau reaktor penelitian pada saat itu.

Bagaimanapun dengan menandatangani kesepakatan ini, Indonesia bersumbangsih bersama-sama dengan negara-negara di seluruh dunia untuk menciptakan lingkungan hidup yang layak bagi generasi dunia mendatang.

Sumber : sinarharapan
Halaman :
1

Ikuti Kami