Gunung Gamalama Masih Meletus, Warga Mengamuk!

Nasional / 7 December 2011

Kalangan Sendiri

Gunung Gamalama Masih Meletus, Warga Mengamuk!

daniel.tanamal Official Writer
4887

Hingga hari ketiga Selasa (6/12),Gunung berapi Gamalama di Ternate, Maluku Utara, masih terus mengeluarkan abu vulkanik. Peristiwa alam ini sangat mengganggu aktivitas warga yang bermukin tidak jauh dari gunung yang mempunyai arti “negeri yang besar” tersebut.

Begitu hebatnya aktivitas gunung tersebut, hingga semburan abu yang dimuntahkan setinggi 500 meter bisa terlihat dari kejauhan, begitu pula dengan lekukan laharnya. Akibat selimut abu vulkanik ini warga di Ternate harus mengenakan masker jika akan keluar rumah.

Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Gunung Gamalama telah menyatakan status Gamalama masih tetap pada siaga level tiga. Warga yang berada di titik rawan juga diimbau agar tetap waspada.

Warga mengamuk

Dilaporkan liputan6.com, para pengungsi warga Kelurahan Tubo, Ternate Utara, Maluku Utara yang menjadi  korban letusan Gunung Gamalama, mendatangi posko bantuan yang berada di gedung bekas Kantor Gubernur dan mengamuk akibat belum mendapat bantuan.

Mereka menjelaskan bahwa meski sudah tiga hari di penampungan belum mendapat bantuan apapun. Karena itulah mereka merasa tidak diperhatikan. Bahkan ada beberapa warga yang menangis histeris mereka memprotes penyaluran bantuan yang dianggap lambat dan tidak merata.

Kendala bantuan untuk selalu saja terjadi dikala para pengungsi sangat membutuhkannya. Hal inilah yang harus diperhatikan pemerintah dengan memprioritaskan bantuan dan keselamatan para pengungsi yang menjadi korban bencana alam.

Sumber : liputan6.com / niello
Halaman :
1

Ikuti Kami