Mengapa SBY Tak Contoh Kennedy Soal GKI Yasmin?

Internasional / 15 November 2011

Kalangan Sendiri

Mengapa SBY Tak Contoh Kennedy Soal GKI Yasmin?

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2219

Agar konflik tidak semakin meruncing terkait kasus GKI Yasmin yang terus terjadi, pakar hukum sekaligus Ketua Pembina Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Todung Mulya Lubis melalui suratnya meminta Presiden RI bisa belajar dari mantan presiden ke-35 AS, John F Kennedy, yang turun langsung saat peristiwa di Universitas Alabama tahun 1963.

Kala itu, Alabama dipimpin oleh oleh Gubernur George Wallace, seorang pendukung garis keras paham segregasi kulit putih dan Afro-Amerika. Meski pengadilan federal sudah memerintahkan Universitas Alabama untuk menerima dua orang kulit hitam itu, namun Wallace bersikeras tidak mau melaksanakan putusan tersebut.

"Bahkan Gubernur Wallace 'pasang badan', berdiri di depan pintu masuk universitas tersebut untuk menghalangi kedua calon mahasiswa Afro-Amerika tersebut masuk mendaftar kuliah," tulis Todung seperti dikutip dari detiknews Minggu (13/11).

Menghadapi situasi seperti itu, presiden Kennedy turun tangan guna memastikan tegaknya putusan pengadilan federal. Walau sulit, akhirnya kedua mahasiswa tersebut bisa kuliah di Universitas of Alabama hingga selesai.

Sampai saat ini belum ada tanggapan dari presiden mengenai surat yang dikirim YLBHI. Bahkan Todung meragukan apakah surat tersebut sampai ke tangan presiden atau tidak. Hal ini sangat berbeda ketika presiden mendapat surat dari Nazaruddin yang segera ditanggapi dalam waktu singkat..

Presiden tidak boleh membiarkan kasus GKI Yasmin berlarut, salah satu caranya adalah dengan turun tangan secara langsung seperti yang pernah dilakukan presiden Kennedy. Presiden harus bisa membuktikan bahwa Indonesia adalah negara hukum yang menjamin kebebasan beragama.

Halaman :
1

Ikuti Kami