Timnas Inggris Ikut Peringati Hari Pahlawan, Indonesia?

Nasional / 12 November 2011

Kalangan Sendiri

Timnas Inggris Ikut Peringati Hari Pahlawan, Indonesia?

daniel.tanamal Official Writer
1575

Semangat nasionalisme dunia sepakbola Inggris begitu tinggi. Untuk memperingati hari pahlawan Inggris yang gugur pada Perang Dunia I yang jatuh pada 13 November saja mereka ikut memakai emblem bunga poppy (simbol penghargaan untuk pahlawan mereka) selama Liga Inggris berlangsung.

Bahkan beberapa hari yang lalu Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) secara resmi meminta kepada badan tertinggi sepakbola dunia FIFA untuk mengijinkan Timnas Inggris mengenakan emblem bunga poppy saat menghadapi Spanyol pada laga persahabatan di Stadion Wembley, Sabtu (12/11).

Meski FIFA sempat menolak dengan alasan netralitas dan komitmen mencegah isu politik dan agama masuk dunia sepak bola, namun akhirnya izin yang diharapkan itu datang juga. Usai Pangeran Williams dan Perdana Menteri Inggris, David Cameron menulis surat kepada FIFA supaya Inggris diizinkan mengenakan kostum yang dijahit dengan poppies.

Permintaan dikabulkan, dan Timnas Inggris akan mengenakan ban hitam di lengan, dihiasi satu bunga poppy pada laga persahabatan nanti. Tradisi mengenang para pahlawan telah dimulai sejak 1920 pasca-perang dunia pertama.

Sikap nasionalisme ini patut dicontoh oleh Timnas Indonesia ataupun para atlet lain yang sedang berjuang pada perhelatan SEA Games. Minimal dengan mengenakan sebuah simbol ketika bertanding akan menjadi penghormatan tersendiri bagi para pahlawan, khususnya memperingati Hari Pahlawan pada 10 Nopember lalu.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami