Pandangan Alkitab Mengenai 11-11-11

Internasional / 12 November 2011

Kalangan Sendiri

Pandangan Alkitab Mengenai 11-11-11

Lois Official Writer
5868

Tanggal 11.11.11 merupakan tanggal fenomena yang dibicarakan banyak orang kemarin (11/11). Pada abad pertengahan, ahli numerology yang mencari arti mistis angka yakin, semua angka memiliki aspek positif dan negatif kecuali 11. Filolog Petrus Bungus dari abad 16 mengatakan, 11 tak memiliki hubungan dengan hal-hal suci, bukan merupakan tangga menuju puncak atau jasa apapun.

Di sisi lain, beberapa ahli numerology modern menganggap 11/11/11 menguntungkan. Angka 11 juga merupakan angka favorit penjudi, khususnya pemain blackjack dan Keno. Psikolog mengatakan, ini kasus klasik ‘apophenia’ atau kecenderungan manusia menemukan makna atau pola dalam data yang terjadi secara acak.

Lalu bagaimanakah menurut pandangan Alkitab? Menurut professor studi religi University of Pacific, tak ada hal khusus pada tanggal ini. Dan menurut Lenzi yang mempelajari Alkitab numerology, mencari makna dalam angka merupakan kecenderungan alami manusia. Tak ada hal luar biasa mengenai 11.11 atau tanggal 11/11/11, namun otak manusia tak bisa mengabaikan melihat angka berulang itu dan menganggapnya memiliki makna. Angka yang sudah signifikan bagi kita.

Jadi, suatu angka memang terkadang memiliki makna khusus seperti angka kelahiran orang yang kita cintai ataupun tanggal lahir kita sendiri, tanggal pernikahan, dan lain sebagainya. Namun, angka itu sendiri tidak memiliki mistis ataupun fenomena tertentu yang dapat mengubah sesuatu.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami