Di Yogya, Umat Non-Muslim Ikut Kegiatan Kurban

Internasional / 9 November 2011

Kalangan Sendiri

Di Yogya, Umat Non-Muslim Ikut Kegiatan Kurban

daniel.tanamal Official Writer
3542

Tidak salah memang jika Daerah Istimewa di Indonesia ini selalu dinilai sebagai daerah yang mempunyai tingkat toleransi kebersamaan masyarakat yang tinggi. Pasalnya pada peringatan Hari Raya Idul Adha, Selasa 8 November kemarin, umat non-Muslim pun turut serta dalam kegiatan kurban.

Dirilis voanews, kegiatan kurban yang melibatkan umat Kristiani, Hindu dan Budha itu dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Qodir di Cangkringan, Yogyakarta yang hari itu menyembelih 200 ekor kambing sumbangan masyarakat Muslim Singapura. “Melibatkan lintas agama adalah (perwujudan) bentuk kebersamaan.  Salah satu tujuan dari kurban adalah bagaimana kita jadi bersaudara antara yang mampu berkurban dengan yang tidak mampu berkurban," ujar pengasuh PonPes Al Qodir Kyai Masrur.

Salah satu umat Kristiani yang turun langsung dalam pelaksanaan kurban itu adalah Suster Dominika Winanda dari Kongregasi Fransiskanes Santa Elisabeth. Dirinya terlihat tidak canggung berbaur dengan ibu-ibu muslimah sambil bersimpuh beralas tikar dan memotong-motong daging kambing yang baru saja disembelih. “Patut saya syukuri umat Kristiani boleh turut terlibat. Hadir bersama mereka merupakan hal yang sangat baik dan saya berharap ini tidak hanya berlangsung tahun ini.”

Seluruh daging hewan kurban akan dibagikan untuk korban bencana letusan Merapi, yang tinggal di hunian sementara tak jauh dari lokasi pondok pesantren. Dalam kerangka persaudaraan antar umat beragama sebagai sesama manusia, daging hewan kurban juga diberikan kepada mereka yang non-Muslim.

Kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh juga direkomendasikan untuk diikuti setiap umat untuk saling membatu dan ikut serta ketika umat lain sedang merayakan hari raya keagamaannya. Nilai Pancasila memang selalu diterapkan dan ditemukan di pelosok daerah Indonesia. Hal yang jarang terlihat untuk warga yang tinggal di perkotaan maju.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami