Sentuh Hati Papua Lewat Dialog

Spirituality / 8 November 2011

Kalangan Sendiri

Sentuh Hati Papua Lewat Dialog

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
1933

Dalam sebulan terakhir, konflik yang terjadi di Papua menjadi sorotan publik. Teror beruntun sempat membuat status penjagaan Papua naik menjadi Siaga Satu. Pemerintah dinilai lamban menyelesaikan persoalan Papua sehingga masalah menggantung dan tak pernah tuntas.

Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) melalui Sekretaris Umumnya, Gomar Gultom menyarankan agar Pemerintah RI segera bertindak cepat menyelesaikan kasus Papua. Pasalnya, menurut Gomar, Pemerintah lokal akan semakin sulit nanti, bila dunia Internasional ikut campur dalam penyelesaian konflik Papua.

"Kalau Dunia Internasional sudah ikut campur pasti Pemerintah akan kesulitan menyelesaikannya lagi," ujar Gomar seperti dikutip dari tribunnews.com Senin (7/11/2011).

Gomar menambahkan agar pemerintah menghentikan pendekatan kekerasan yang diterapkan di Papua. Konflik Papua hanya bisa diselesaikan dengan dialog.

Papua ibarat anak kecil yang merasa tidak mendapat kasih sayang dari orang tuanya. Pendekatan kekerasan hanya akan membuat Papua makin bergejolak dan menimbulkan persoalan lainnya. Seperti orang tua, pemerintah harus bisa merangkul Papua dan berdialog. Jangan ada lagi janji-janji kosong tapi wujudkan kesejahteraan papua.

Halaman :
1

Ikuti Kami