Papua Membaik, TNI-Polri Tetap Waspada

Nasional / 4 November 2011

Kalangan Sendiri

Papua Membaik, TNI-Polri Tetap Waspada

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
1718

Situasi Papua mulai membaik, namun Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono tetap meminta pasukannya untuk tetap waspada terhadap sejumlah kemungkinan yang dapat terjadi.

Teror beruntun yang terjadi di Papua sempat membuat status penjagaan Papua naik menjadi Siaga Satu. Terhitung sejak Oktober, sudah terjadi empat bentrokan yang menewaskan delapan orang, termasuk anggota TNI dan Polri.

Menurut Agus, kewaspadaan diperlukan terutama menjelang 1 Desember yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua. Di hari itu, bendera Bintang Kejora dikibarkan di sejumlah titik di Papua.
Sebelumnya, Kapolri Jendral Timur Pradopo mengatakan, terkait masalah keamanan Papua, Polri tetap berkomitmen memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat di sana."Supaya saudara kita di sana bisa menjalankan kegiatan semuanya dan rasa aman di sana tetap menjadi tanggung jawab Polri," kata dia. "Sekali lagi kami berkomitmen untuk mengamankan Papua."
Usaha TNI dan Polri untuk mengoptimalkan keamanan Papua patut diberi apresiasi. Namun selain menjaga keamanan, yang perlu ditingkatkankan adalah bagaimana meningkatkan kepercayaan masyarakat Papua terhadap pemerintah. Pemerintah harus mampu menghapus stigma negatif masyarakat Papua terhadap Kedaulatan Republik Indonesia.

Halaman :
1

Ikuti Kami