Inilah Penyebab Degradasi Pemuda Indonesia

Inilah Penyebab Degradasi Pemuda Indonesia

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2398

Sebentar lagi Indonesia akan merayakan hari Sumpah Pemuda, hari dimana 83 tahun silam seluruh pemuda Indonesia di berbagai wilayah secara serentak mendeklarasikan diri menjadi Satu Tanah Air, Satu Bangsa Indonesia dan Satu Bahasa Indonesia. ironis, seiring berputarnya waktu terjadi degradasi terhadap karakter generasi muda.

Generasi muda sepertinya sudah melupakan makna Sumpah Pemuda. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan para pemuda 83 tahun yang lalu sudah tidak tergambarkan. Sebagai gantinya, aksi tawuran yang anarkis maupun tindak kriminal dilakukan. Hal ini terjadi karena kurangnya pendidikan karakter yang seharusnya diperoleh dari keluarga sejak dini.

"Menurut penelitian, 86 persen waktu remaja kebanyakan menghabiskan waktu di luar sekolah atau di rumah. Jika para orangtua memahami bagaimana cara menerapkan pendidikan karakter bangsa, akan selesai permasalahan tersebut. Sayangnya, banyak orangtua yang hanya mengandalkan 14 persen waktu anak mereka di sekolah," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, seperti dikutip okezone.

Namun buruknya perilaku generasi muda Indonesia saat ini, perlahan mulai membaik dengan munculnya organisasi-organisasi yang berdedikasi dan mempunyai visi untuk generasi muda. Umumnya organisasi tersebut bergerak dalam bidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial.

Semoga dengan adanya organisasi-organisasi dan kegerakan yang positif ini, generasi muda penerus bangsa akan bisa kembali berbegang pada makna dan kemurnian sumpah pemuda sehingga terjadi kesatuan  dan sifat cinta pada tanah air.

 

Ikuti Kami