Ratusan Tahun, Gereja Ini Belum Rampung

Internasional / 13 October 2011

Kalangan Sendiri

Ratusan Tahun, Gereja Ini Belum Rampung

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5222

Sebuah bangunan seringkali dijadikan sebagai lambang kejayaan atau kekuasaan seseorang. Sebagai contoh, Taj Mahal dibangun Shah Jehan sebagai bukti cintanya pada mendiang istrinya. Hal yang sama kadang juga terjadi dalam pembangunan sebuah gereja, orang-orang membangun gereja tidak hanya melihat fungsi utama tapi juga sangat detail terhadap arsitektur, akustik dan lainnya. Tapi bagaimana jika hal itu membuat proses pembangunannya tidak rampung sampai berabad-abad?

Berikut gereja-gereja yang hingga saat ini belum juga merampungkan konstruksinya.

Sagrada Familia di Barcelona, Spanyol


Gereja ini mungkin contoh dari properti yang hingga saat ini belum juga rampung dibangun. Padahal, gedung tersebut dibangun sejak 1882 dan diharapkan selesai 2026.
Tertundanya konstruksi bangunan tersebut akibat adanya perang saudara di Spanyol pada 1936-1939. Namun, meski belum rampung dibangun, gereja itu tetap dikunjungi sedikitnya 1,5 juta pengunjung setiap tahun.

Duomo di Siena, Italia


Pembangunan Katedral Siena terjadi antara 1215 dan 1263. Kemudian, dilanjutkan masa konstruksi besar kedua pada 1339, yakni direncanakan struktur bangunan dikembangkan dua kali lipat lebih besar dari ukuran semula.
Namun, masa konstruksi itu pun terhenti oleh wabah panyakit yang dikenal dengan "Black Death" pada 1348, sehingga pekerjaan itu akhirnya tidak pernah dilanjutkan.
Saat ini, dinding luar Duomo sudah dapat dilihat dari arah selatan jalan. Meski lantai tengah dari gereja tersebut belum rampung dibangun, sudah digunakan sebagai parkir.

Semoga bangunan gereja cepat selesai sehingga bisa digunakan sesuai fungsi dan perlu untuk diingat, arti pertama dari gereja adalah umat. atau lebih tepat persekutuan orang Kristen. Jadi, gereja pertama-tama bukanlah sebuah gedung melainkan pertemuan dan persekutuan umat kristiani.

 

Halaman :
1

Ikuti Kami