Inilah Lambang Untuk Hak Asasi Manusia

Nasional / 30 September 2011

Kalangan Sendiri

Inilah Lambang Untuk Hak Asasi Manusia

Lois Official Writer
7976

Pencarian lambang universal untuk hak asasi manusia (HAM) berakhir sudah. Sayembara online telah memilih satu lambang HAM universal dengan kemenangan desain karya Predrag Stakic dari Serbia. Karya desainer grafis berusia 32 tahun ini mengalahkan 9 finalis yang lain.

“Di dalam pembukaan, disebutkan bahwa hak asasi manusia adalah dasar menciptakan dunia yang merdeka, adil, dan damai. Saya lalu mendesain menggabungkan dua simbol universal, sebuah tangan dan seekor burung untuk membuat sesuatu yang baru.” ceritanya dalam memilih gambar untuk mengikuti sayembara tersebut. Stakic berharap lambang ini bisa mengubah dunia.

Inisiator sayembara berharap lambang ini bisa diterima luas karena dihasilkan dari proses online yang melibatkan 15.396 peserta dari 190 negara. Lomba ini telah dimulai sejak 3 Mei 2011 yang lalu. Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle, menyatakan, “Sukses besar kompetisi ini menunjukkan hak asasi manusia adalah topic penting di seluruh dunia. Banyak orang jelas merasa sebuah simbol universal hak asasi manusia dibutuhkan. Kekosongan itu sekarang telah terisi,” katanya.

Juri internasional untuk sayembara ini antara lain peraih lima kali Nobel Perdamaian, Aung San Suu Kyi (Myanmar), Shirin Ebadi (Iran, Muhammad Yunus (Bangladesh), Mikhail Gorbachev (Rusia), dan Jimmy Carter (Amerika Serikat). Ada juga Roland Emmerich (Sutradara film 2012), Jimmy Wales (pendiri Wikipedia), dan sejumlah menteri luar negeri yaitu dari Bosnia, Kanada, Chile, Ceko, Jerman, Singapura, dan Uruguay.

Lambang mempunyai arti penting di dalam kehidupan manusia ini. Ketika Anda melihat sebuah pita disilang ujungnya, Anda akan mengerti itu lambang buat kepedulian kita kepada HIV / AIDS. Ketika jari telunjuk dan jari tengah diacungkan, itu bertanda perdamaian. Begitu juga lambang-lambang lainnya. Namun, bukan hanya lambang. Kiranya lambang itu menjadi bentuk nyata dari apa yang diwakilinya yaitu menjadi bukti bahwa HAM di dunia mulai setara.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami