Amerika Serikat Memiliki Pasien Diabetes Tertua

Serba-Serbi Sehat / 24 September 2011

Kalangan Sendiri

Amerika Serikat Memiliki Pasien Diabetes Tertua

Budhi Marpaung Official Writer
4236

Menderita penyakit yang tergolong berat ternyata bukanlah penentu pasti usia seseorang di bumi. Setidaknya inilah yang bisa dilihat dari Bob Krause, seorang yang telah didiagnosis dokter mengidap diabetes sejak kecilnya dan masih dapat hidup dengan baik hingga usianya telah memasuki kepala 9 (90 tahun).

Seperti dilansir detikhealth.com, Kakek Krause memiliki rahasia tersendiri agar dirinya panjang umur. Setia menjalani terapi insulin dan menjaga pola makan menurutnya merupakan faktor utama mengapa ia bisa bernafas hingga sekarang.

Godaan makanan atau hidup sembarangan bisa ditahan dirinya dengan menerapkan disiplin hidup yang baik. Baginya, makan adalah untuk hidup bukan untuk kesenangan atau sekedar melampiaskan nafsu.

Untuk diketahui, Bob Krause menderita diabetes tipe 1 sejak usia 5 tahun. Diabetes tipe 1 adalah penyakit kencing manis karena keturunan atau kerusakan pankreas. Kini usianya sudah hampir menginjak 90 tahun, artinya sudah 85 tahun Krause hidup dengan diabetes.

"Krause telah hidup lebih lama dari harapan hidup orang sehat yang lahir normal pada tahun 1921. Dia tahu bahwa dia harus berurusan dengan penyakit ini dan ia melihat sebagai bagian dari hidupnya, dia tidak membiarkan diabetes membuatnya putus asa," ujar Dr. Patricia Wu, dokter yang menangani Bob Krause, seperti dilansir Foxnews, Jumat (23/9).

Sekitar 3 juta orang Amerika hidup dengan diabetes tipe 1, penyakit kronis di mana tubuh tidak membuat cukup insulin yang diperlukan untuk mengubah gula darah menjadi energi, sehingga seumur hidup harus bergantung dengan suntik insulin. Penyebab pastinya belum diketahui, meskipun genetika dan masalah autoimun memainkan peran.

Pada umumnya, harapan hidup penderita diabetes berkurang banyak karena harus menghadapi risiko tinggi komplikasi kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung, stroke, kebutaan, kerusakan ginjal dan amputasi.

Atas prestasinya ini, sebuah organisasi nirlaba Amerika Serikat baru-baru ini menobatkan Bob Krause sebagai pasien diabetes tertua dengan hidup terpanjang di Amerika.

Sumber : detikhealth/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami