Inilah Sikap Pemerintah SBY Terhadap Para Korban Tragedi Rawagede

Nasional / 22 September 2011

Kalangan Sendiri

Inilah Sikap Pemerintah SBY Terhadap Para Korban Tragedi Rawagede

Budhi Marpaung Official Writer
2011

Kemenangan para korban tragedi rawagede di pengadilan sipil Den Haag, Belanda beberapa waktu lalu ternyata mendapat sambutan biasa saja dari pemerintah Indonesia. Hal ini terlihat dari pernyataan orang dalam istana dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) yang mengisyaratkan pemerintah Indonesia akan menunggu terlebih dahulu respon sikap pemerintah Belanda atas hasil putusan itu.

"Dalam hal ini posisi pemerintah menghormati putusan hukum tersebut, dan menanti sikap pemerintah negeri Belanda terhadap putusan pengadilan sipil tersebut," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (16/9).

"Tentunya ini kabar yang menggembirakan dan suatu putusan tidak ada masalah dengan semuanya. Pemerintah akan bertemu dan silaturahmi dulu dengan pihak keluarga korban tragedi," ujar Menkumham, Patrialis Akbar usai menghadiri wisuda putranya di Balairung Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Jumat (16/9) sore.

Baik Julian maupun Patrialis, mereka sama-sama tidak mau menyatakan dengan tegas sampai kapan pemerintah akan mengambil sikap “tunggu” – satu bulan setelah putusan sipil Den Haag-kah atau dua bulan setelah putusan sipil Den Haag-kah atau malah dua tahun setelah putusan sipil Den Haag? Tidak ada satu pun yang tahu, hanya pihak-pihak tertentu saja yang tahu.  

Melihat peristiwa sebelum-sebelumnya, sepertinya pemerintah kita akan benar-benar membantu rakyatnya jika telah banyak tekanan baik dari tokoh-tokoh nasional maupun media massa. Apakah ini yang namanya pemerintah bersikap bijak ataukah justru itu menunjukkan bahwa pemerintah kita ini lamban?

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami