Jadikan Mata Anda Tetap Tajam Bercahaya

Fit & Charming / 17 September 2011

Kalangan Sendiri

Jadikan Mata Anda Tetap Tajam Bercahaya

Lois Official Writer
3149

Seiring dengan penuaan, mata mengalami sejumlah perubahan. Lensa semakin kabur dan kehilangan kelenturan, iris menjadi lambat, dan retina menjadi kurang sensitif terhadap cahaya. Secara umum, mata seseorang yang berusia 60 tahun hanya menangkap setengah dari jumlah cahaya yang diterima anak muda. Selain itu, mata beresiko lebih besar mengalami gaukoma, penumpukan tekanan dalam mata.

Beberapa gejala gangguan mata yaitu kesulitan melihat benda dekat (rabun dekat), penglihatan kabur dan sensasi seperti melihat menembus kabut, rasa sakit mata yang tiba-tiba kronis, gangguan penglihatan saat membaca, mata berair, nyeri di mata, sakit kepala, mual dan muntah. Untuk memperbaiki penglihatan tersebut, pelajari Bates method exercises berikut ini:

  1. Istirahatkan kedua siku Anda di atas meja dan tangkupkan kedua tangan di atas mata Anda. Tenangkan diri selama 10 menit. Lakukan dua kali sehari.
  2. Hindari menatap benda apapun untuk jangka waktu lama. Setiap lima menit, lihatlah ke arah lain dan fokuslah terhadap benda lain selama beberapa detik
  3. Untuk menguatkan otot-otot mata, tahan telunjuk jari dengan jarak sekitar 3.9cm di depan mata. Kemudian tempatkan telunjuk jari yang satu lagi dengan jarak sepanjang satu lengan di belakang telunjuk jari pertama. Fokuskan kedua mata pada telunjuk jari pertama selama beberapa detik, kedipkan mata, kemudian fokus pada jari yang lebih jauh. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Kedipan di antara perubahan fokus berfungsi melumasi dan membersihkan mata.
  4. Percikkan air hangat 10 kali dan kemudian air dingin 10 kali ke dalam mata. Cara ini berfungsi meningkatkan aliran darah ke mata.

Hal ini kiranya dapat membantu Anda mendapatkan kembali mata yang lebih terang dan lebih jelas dalam melihat. Anda juga jangan memforsir penggunaan mata yang berlebihan. Jika memang mata terasa lelah, ada baiknya istirahatkan sejenak.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami