Timotius, Mantan Juara Atlet Sea Games yang Kini Jadi Guru

Nasional / 12 September 2011

Kalangan Sendiri

Timotius, Mantan Juara Atlet Sea Games yang Kini Jadi Guru

Lois Official Writer
3082

Timotius Soka Ndiken (48) adalah anak Merauke yang lahir tanggal 21 Juli 1965. Dia pernah merebut medali emas pada SEA Games 1991 di Manila, tahun 1993 memegang rekor SEA Games di Singapore, dan 1995 di Thailand untuk dasalomba. Dia juga memegang rekor nasional lempar lembing. Dia merupakan salah satu mantan atlet asal Papua yang berhasil mengharumkan nama bangsa dan negara.

“Pada saat itu, saya bersaing dengan beberapa atlet Papua yang memiliki segudang pengalaman. Saat itu kami cukup ditakuti atlet dari negara lain. Tentu ini sangat membanggakan kami secara pribadi,” kata Timotius seperti yang dirilis Antaranews beberapa waktu yang lalu. Dia mengatakan, potensi yang dimiliki dirinya utnuk meraih prestasi gemilang sudah didapat semasa kecil. Waktu sekolah dulu, dia sudah terbiasa menombak babi dengan menggunakan sebatang kayu yang sangat berat, sehingga apa yang dilakukan selama menjadi atlet sudah menjadi hal yang biasa.

Timotius Sokai Ndiken memulai karir di dunia olahraga tahun 1983. Setelah melalui berbagai pengalaman hidup dan memutuskan pensiun, kehidupan Timotius menjadi sangat sederhana. Untuk menyambung hidup, dia memutuskan untuk menjadi seorang guru olahraga. BErsama istrinya yang juga berprofesi sebagai guru olahraga, Timotius menjalani keseharian di rumah dinas yang agak sedikit tidak terawat.

“Saya sebagai mantan atlet yang pernah memiliki prestasi sangat kecewa dibiarkan begini oleh pemerintah pusat. Seharusnya perhatian dan penghargaan itu ada untuk kami,” tandas Timotius dengan nada kecewa. Timotius berharap agar pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga bisa mengembalikan pandangan negatif soal profesi atlet. Pasalnya saat ini banyak orangtua yang tidak menginginkan anaknya menjadi atlet karena berfikir mau dapat apa setelah pensiun nanti.

Namun, baru-baru ini pemerintah mengumumkan dan akan segera memberikan beberapa tanda jasa bagi mantan-mantan atlet yang pernah berprestasi mengharumkan nama bangsa Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu. Berharap pemerintah terus melakukan perbaikan sehingga atlet-atlet yang berjasa pun diberi penghargaan yang sepantasnya.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami