Bangganya, Rendang Jadi Makanan Terenak di Dunia

Nasional / 8 September 2011

Kalangan Sendiri

Bangganya, Rendang Jadi Makanan Terenak di Dunia

Lois Official Writer
2810

Rendang memang diakui di Indonesia sebagai salah satu makanan terenak. Yang lebih mengagetkan, rendang, hidangan khas Indonesia ini masuk dalam jajaran pertama sebagai daftar makanan paling lezat di dunia. Hal ini berdasarkan survei para pemerhati stasiun berita CNN, yang dimuat dalam laman CNNGo. Survei itu dihimpun melalui akun CNN di laman jejaring sosial Facebook.

Sesudah rendang, urutan kedua makanan terenak di dunia versi CNN adalah nasi goreng Indonesia. Kedua makanan ini mengalahkan Massaman curry asal Thailand yang sebelumnya ditasbihkan sebagai makanan paling enak di muka bumi. “Setelah menjaring lebih dari 35.000 suara, makanan paling enak di dunia bukan Massaman curry yang kami sarankan, tapi hidangan daging berbumbu pedas dari Sumatera Barat,” demikian hasil survei yang dimuat situs CNN, 7 September 2011.

Makanan asal Indonesia lainnya, sate juga masuk dalam daftar 50 makanan paling lezat tersebut, yang berada di urutan 14. Berikut adalah urutannya : rendang (Indonesia), nasi goreng (Indonesia), sushi (Jepang), tim yam goong (Thailand), pad thai (Thailand), som tan (Thailand), dim sum (HK), ramen (Jepang), peking duck (China), massaman curry (Thailand), lasagna, kimchi, chicken rice, sate, ice cream, kebab, gelato, croissant, green curry, pho, fish n chips, egg tart, bulgogi, fried rice (Thailand), chocolate, penang assam laksa, tacos, barbeque pork, chili crab, cheeseburger, fried rice (AS), lobster, seafood paella, shrimp dumpling, Neapolitan pizza, moo nam tok, potato chips, warm brownie and vanilla ice cream, masala dosa, bibimbap, galbi, hamburger, fajitas, laksa, roti prata, sirup maple, fettucini alfredo, parma ham, lechon, dan goi cuon.

Sayangnya, meskipun makanan Indonesia masuk dalam daftar yang paling lezat menurut versi CNN ini, namun Indonesia kalah gencar mempromosikan wisata termasuk kulinernya jika dibandingkan Thailand. Berharap dengan survei yang diadakan dari pihak luar Indonesia ini, pemerintah dapat lebih memaksimalkan usaha agar makanan Indonesia dapat dikenal di seluruh dunia.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami