Sederhana Tapi Sangat Bermanfaat Buat Mata

Fit & Charming / 3 September 2011

Kalangan Sendiri

Sederhana Tapi Sangat Bermanfaat Buat Mata

Lois Official Writer
2424

Mata merupakan jendela dunia. Namun, cuaca yang terik yang mempunyai paparan sinar UV berlebihan dapat berpotensi menyebabkan mata katarak, kerusakan retina, dan masalah mata lainnya. Karena itu, jagalah jendela Anda apalagi dengan perawatan yang mudah berikut ini :

Bekerja di depan komputer? Istirahatkan mata Anda. Setiap 5-10 menit sekali, jauhkan sejenak pandangan Anda dari layar komputer. Fokuslah pada satu objek yang terletak jauh dari Anda. Cara ini bisa membantu untuk menyesuaikan kembali fokus mata Anda. Ada satu cara lagi yang bisa membantu melembabkan mata yaitu dengan membuka dan menutup kembali mata Anda secara berulang-ulang selama beberapa detik. Pastikan lampu di dekat Anda tidak terlalu terang. Jika menggunakan lampu meja, pastikan cahayanya tidak langsung ke mata Anda atau ke layar komputer Anda. Cara terbaik adalah meletakkan lampu ke samping.

Periksakan teratur mata Anda. Beberapa gangguan mata sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit dan gangguan penglihatan yang sulit dideteksi pada tahap awal. Karena itu, pemeriksaan mata secara teratur sangat dianjurkan. Jika Anda sudah mengenakan kacamata atau lensa kontak, jangan lupa periksa teratur paling tidak sekali setahun.

Jika beraktivitas di luar ruangan. Pakailah kacamata hitam jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah kacamata hitam yang 100 persen melindungi mata dari sinar ultraviolet. Memakai kacamata hitam sembarangan akan membuat pupil membesar. Ini akan berbahaya sebab lebih memungkinkan sinar UV masuk ke mata. Jika hendak berenang, gunakan kacamata khusus renang untuk mencegah terjadinya alergi akibat klorin dan konjungtivitis akibat air kolam renang.

Tentu saja dengan tidur yang nyenyak selama 6-8 jam dan makan makanan yang kaya vitamin yang baik buat mata seperti A, C, B, dan E akan sangat bermanfaat. Perawatan yang sederhana tapi sangat besar manfaatnya ini jangan disepelekan karena mata memang sangat penting bagi kita.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami