Idul Fitri dan Budaya Saling Memaafkan

Idul Fitri dan Budaya Saling Memaafkan

Budhi Marpaung Official Writer
2080

Setelah satu bulan penuh berpuasa, Selasa (30/8), umat muslim di seluruh Indonesia dan sejumlah negara lain di dunia merayakan hari raya Idul Fitri. Hari ini merupakan hari yang ditunggu-tunggu karena disinilah hari mereka mengawali tahun yang baru.

Salah satu tradisi yang dilakukan di saat seperti ini adalah saling memaafkan diantara mereka. Yang menarik mereka tidak melakukannya antarkeluarga, antarteman, atau orang-orang yang mereka kenal saja. Orang-orang yang mereka jumpai dimana pun, jika mereka tahu bahwa orang-orang tersebut beragama islam maka mereka akan mengulurkan tangan dan mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin.

Kebudayaan ini terus menerus turun dari generasi ke generasi berikutnya di bangsa ini. Walau ada sindiran yang mengatakan ‘hanya di hari Idul Fitri saja orang muslim bermaaf-maafan’, tetapi hal ini tidak dapat dijadikan sebuah kebenaran. Sebuah niat tulus untuk berdamai dengan orang-orang sekitar mereka adalah tindakan yang terpuji daripada orang-orang yang hanya diam saja, terus membiarkan dendam membara dan berpikiran negatif kepada orang sekitar mereka.

Sebagai satu bangsa dan satu tanah air, perkenankanlah Jawaban.Com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim yang merayakannya. Semoga di hari yang fitri ini, rasa persatuan dan kesatuan kita (antarumat beragama, red) semakin erat. Hidup Indonesia, Hidup Keberagaman yang ada di Nusantara !

Sumber : Jawaban.Com / bm

Ikuti Kami