Makanan untuk Kulit Prima Anda

Fit & Charming / 27 August 2011

Kalangan Sendiri

Makanan untuk Kulit Prima Anda

Lois Official Writer
2580

Dalam menjaga kelembutan, kehalusan, dan kecerahan kulit, makanan di dapur Anda sama pentingnya dengan krim perawatan kulit yang Anda gunakan. “Nutrisi yang baik merupakan dasar untuk kesehatan kulit,” tutur dermatolog dari Miami Leslie Baumann,MD. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu mendapatkan kulit sehat dan cantik impian Anda ;

Selada. Enam helai daun selada mengandung 100 persen kebutuhan vitamin A harian Anda. Vitamin ini berfungsi meremajakan kulit dengan cara meningkatkan pergantian sel. Selain itu, kandungan kalium dalam selada juga menambah nutrisi kulit dan meningkatkan asupan oksigen dengan cara memperbaiki aliran darah.

Tomat. Studi menemukan, partisipan yang mengkonsumsi lima sendok makan pasta tomat kaya lycopene setiap hari selama tiga bulan memiliki perlindungan 25 persen lebih banyak terhadap paparan sinar matahari. Hal ini juga mengakibatkan kulit dengan antioksidan lycopene beresiko lebih rendah memiliki garis-garis halus dan alur-alur.

Stroberi. Secangkir stroberi menyediakan 130 persen vitamin C, antioksidan kuat yang meningkatkan produksi serat kolagen. Kolagen membantu kulit tetap kencang dan lembut. Selain itu, semakin sedikit juga garis-garis muncul di kulit dan mencegah kulit kendur.

Apel. Pada apel terdapat antioksidan quercetin, terutama pada kulitnya sehingga melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang dapat memicu kanker kulit.

Kedelai. Sebuah studi menemukan, kerutan halus dan kekecangan kulit meningkat setelah perempuan berusia akhir 30-an dan 40-an mengkonsumsi makanan kaya isoflavon kedelai yang dikenal dengan aglycone yaitu tempe.

Telur. Di dalam telur terkandung dua antioksidan bernama lutein dan zeaxanthin yang berfungsi mencegah kerusakan akibat sinar UV. Komponen ini membuat kulit lebih lembut, kencang, dan lembab.

Almond. Mengkonsumsi almond sehari bisa meningkatkan kadar vitamin E. Vitamin ini membantu melembabkan kulit, sehingga mencegah kulit kering.

Kenari. Jenis kacang satu ini sangat kaya aglycone dan asam lemak omega 3 yaitu komponen yang menjaga kelembaban dan kelenturan kulit.

Bubuk cokelat atau dark chocolate. Perempuan yang minum setengah cangkir coklat sehari memiliki kulit yang lebih bercahaya. Makanan ini berfungsi memperlancar aliran darah. Studi lain menemukan, perempuan yang minum setengah gelas coklat kaya flavonoid setiap hari selama 12 minggu memiliki kulit yang lebih halus, lembut, dan lembab.

Extra virgin olive oil. Lemak sehat ini mengandung asam lemak esensial yang membantu kulit menahan kerusakan akibat sinar UV.

Whole grain. Seperti yang terdapat dalam roti, pasta, dan sereal ini merupakan kunci kesehatan dan kecantikan kulit karena kaya akan antioksidan.

Mulailah memperhatikan tubuh Anda mulai dari sekarang. Kulit yang membungkus tubuh Anda terlebih lagi, karena kulitlah yang melindungi Anda dari bahaya. Jagalah kulit dan kulit akan menjaga Anda.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami