Mau Mudik? Hati-Hati dengan Aksi Pembiusan

Nasional / 26 August 2011

Kalangan Sendiri

Mau Mudik? Hati-Hati dengan Aksi Pembiusan

Lois Official Writer
2599

Arus mudik lebaran tahun ini pun padat seperti biasanya. Ada yang mengambil cuti terlebih dahulu untuk menghindari arus mudik, ada pula yang terpaksa menumpang kendaraan apapun yang ada agar bisa pulang kampung. Namun, selagi dalam perjalanan pulang, berhati-hatilah terhadap kejahatan yang satu ini.

Pembiusan adalah salah satu modus kejahatan yang popular selama musim mudik dan balik Lebaran. Biasanya obat bius yang digunakan jenis benzodiazepine atau obat golongan psikotropika. Obat ini mempunyai efek menimbulkan rasa kantuk, pusing, nyeri kepala, mulut kering, dan rasa pahit di mulut. Pelaku umumnya mengincar pemudik yang menggunakan kendaraan umum terutama bus. Ada banyak cara pembiusan, melalui sikap baik dengan menawarkan makanan atau minuman yang sudah diberi obat bius kepada pemudik, menawarkan tisu basah, atau pelaku nekat menyemprotkan parfum yang diberi obat bius. Setelah korbannya tak sadarkan diri, pelaku menguras seluruh harta bendanya.

Memang ketika kita dalam kondisi yang lemah dalam perjalanan, perasaan sebagai sesama pemudik, akan membuat kewaspadaan menurun sehingga kurang peka dan hati-hati terhadap lingkungan sekitar. Ada beberapa tips untuk terhindar dari pembiusan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Baharudin Djafar.

Pertama, jangan lekas percaya kepada orang yang sama sekali belum dikenal. Kalau perlu, tolak secara halus setiap pemberian makanan atau minuman, sekalipun yang berasal dari kaleng atau botol. Karena bisa disuntikkan. Kedua, sebisa mungkin jangan melakukan perjalanan jauh sendirian sehingga bisa saling mengingatkan. Sebab, biasanya pelaku mengincar pemudik yang pergi sendirian. Ketiga, kenali modus pembiusan. Pelaku biasanya beraksi di tempat ramai pemudik, berpura-pura mengajak bicara, setelah akrab pelaku biasanya menawarkan makanan ataupun minuman.

Berhati-hatilah selama di perjalanan Anda, tetaplah waspada selama dalam perjalanan. Tidurlah di tempat-tempat yang benar-benar aman, taruhlah barang-barang berharga yang Anda bawa di tempat yang dapat terjangkau oleh tangan Anda tapi tidak oleh tangan orang lain. Selamat berlibur dan sekali lagi, waspadalah

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami