Bolehkah Gereja Terima Sumbangan Hasil Lotere?

Bolehkah Gereja Terima Sumbangan Hasil Lotere?

Lois Official Writer
1947

Sebuah gereja di Atlanta menerima tiga tiket lotere sejumlah $ 4.069 selama dua hari pada minggu lalu. Gereja Kesatuan Atlanta Utara, seperti Amerika pada umumnya, sudah memperhatikan tantangan yang dihadapi keadaan ekonomi di sana. Selama penyembahan hari Minggu, Rev Mercedes Guzman memimpin doa yang meminta umatnya untuk menunjukkan kemurahan hati kepada gereja.

“Kita tahu bahwa doa adalah kekuatan indah yang bisa mengubah segalanya. Dan kita melihat apa yang kita dengar sebelumnya,” kata Guzman. Kontributor gereja itu sudah diketahui, namun dia meminta namanya tidak dipublikasikan. Rev. Richard Burdick mengatakan bahwa kontributor itu merupakan jemaat lama di sana dan menyatakan bahwa kemakmuran bisa saja terjadi dalam bentuk yang tak terduga.

Burdick juga mengemukakan bahwa dengan menerima uang lotere dapat membuat pesan yang salah kepada umat Kristen secara umum. “Tuhan menunjukkan dengan caranya yang misterius dan jika ini menyangkut kemurahatian seseorang setelah memenangkan Lotto, maka kita sukarela menerimanya,” katanya. Tapi ini juga bukan berarti gerejanya mendukung setiap orang pergi keluar dan berjudi. “Bagaimanapun juga, sebuah hadiah adalah hadiah.” katanya.

Tentu saja pandangan seperti ini sangat tergantung bagaimana orang memandangnya. Ada yang setuju, ada yang tidak. Bagi yang setuju, tentu merasa yang terbaik adalah mereka tidak pernah menginginkan orang lain untuk berjudi dalam memberi sumbangan. Menurut mereka, uang yang ‘kotor’ dapat dipakai dan disucikan. Sama seperti kita yang kotor, dipakai Tuhan untuk memuliakan-Nya. Tapi bagi yang tidak setuju, tentunya menganggap hal ini secara tak langsung kita sudah mendukung perjudian itu. Apapun pandangan kita, hendaklah semuanya kita serahkan kembali kepada Tuhan, agar searah dengan pandangan-Nya.

Sumber : christianpost/lh3

Ikuti Kami