Lika-Liku Mindo Jadi Tersangka Pembunuh Istrinya

Nasional / 4 August 2011

Kalangan Sendiri

Lika-Liku Mindo Jadi Tersangka Pembunuh Istrinya

Lois Official Writer
3768

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam menyatakan, berdasarkan surat perintah penangkapan yang diterima dari Polda Kepulauan Riau, anggota Propam Mabes Polri telah melakukan penangkapan terhadap Mindo Tampubolon pada Jumat (29/7). Pada hari Rabu (3/8) hingga pukul 21.00 WIB proses doa bersama masih terus berlangsung, para tamu undangan yang berjumlah sekitar 50 orang masih terus melantunkan nyanyian sebagai doa kepada mendiang Putri Mega Umboh.

Mindo ditangkap saat menjalani pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik di Propam Mabes Polri. Namun Anton belum bisa menjelaskan secara rinci bagaimana kasus ini dapat menjerat si suami Putri sendiri. Meski ditetapkan sebagai tersangka, Kasubnit II Ditreskrimsus Polda Kepri itu tidak ditahan. Dia hanya dikenakan wajib lapor dua kali seminggu sambil menunggu penyidikan lebih lanjut.

Banyak yang tidak menyangka bahwa si suami yang begitu sedih ini benar-benar terlibat. Penyidik masih mendalami motif dan perannya dalam kasus pembunuhan istrinya tersebut. Putri diduga tewas dibunuh Rosma alias Ros (pembantu korban) dan Gugun Gunawan alias Ujang (kekasih Ros). Dan sekarang, Mindo diduga sebagai otaknya. Tapi, hal ini belum bisa dikonfirmasi. “Jadi, penyidik masih mengembangkan kasusnya, karena perlu dibuktikan lagi tambahannya. Kita tunggu dari penyidiknya,” imbuh Anton.

Namun menurut kuasa hukum Mindo, Hotma Sitompul, Polda Kepri tidak segera melakukan otopsi terhadap mayat Putri setelah ditemukan, dengan alasan sibuk dan lupa. Hotma juga menyebut Ditreskrimum Polda Kepri tidak menghormati azas praduga tak bersalah, dimana oknum penyidik mengambil sampel darah kliennya pada saat pemeriksaan sebagai saksi, dengan cara-cara yang tidak sesuai prosedur. “Dan kelihatan sekali jawaban kedua tersangka pembunuh, penculik dan perampok tersebut, saling mencocokkan dan sudah diarahkan,” tambahnya. Pertama kali ditangkap, mereka tak pernah menyebutkan keterlibatan Mindo, tapi setelah satu bulan baru mereka mengatakan disuruh AKBP Mindo. Hal-hal inilah yang membuatnya dengan tegas mengatakan, “Bahwa klien kami sama sekali tidak terlibat dengan kasus pembunuhan istrinya Putri Mega Umboh,” katanya. Getwien Mosse, yang merupakan ibu dari Putri, dengan penuh percaya bahwa menantunya tidak bersalah, hal ini terungkap ketika dia pun datang bersama Hotma dalam jumpa pers Rabu kemarin (3/8)

Berita terakhir menyebutkan bahwa Polda Kepri mengambil sikap menunggu hasil persidangan Ujang dan Ros terlebih dahulu agar mengetahui jelas keterlibatan Mindo. “Kasus Mindo, penyidik sedang memfokuskan kasus ini, khususnya untuk dua orang tersangka segera diselesaikan berkasnya, tentu nanti akan terkuak di persidangan, apakah Mindo terlibat atau tidak,” kata Anton lagi pada hari Kamis (4/9). Kita tunggu bagaimana kelanjutan dari kasus ini, apakah Mindo benar-benar bersalah ataukah itu hanya rekayasa yang dilakukan oleh para tersangka. Yang pasti, kebenaran tetap harus ditegakkan.

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami