Sudan Selatan Resmi Masuk PBB

Nasional / 17 July 2011

Kalangan Sendiri

Sudan Selatan Resmi Masuk PBB

Budhi Marpaung Official Writer
2174

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kini telah memiliki anggota baru. Sudan Selatan, yang pekan lalu mendeklarasikan dirinya sebagai sebuah negara resmi menjadi anggota ke-193 organisasi internasional yang didirikan pada 24 Oktober 1945 tersebut.

Menandai masuknya negara yang berada di benua Afrika itu, bendera nasional Sudan Selatan dikibarkan di luar kantor PBB, Kamis (14/7). Ratusan diplomat berkumpul mengikuti acara ini.

Sebelumnya, Majelis Umum PBB telah melakukan sidang terkait akan masuknya Sudan Selatan sebagai anggota organisasi dunia tersebut. Tanpa banyak halangan, akhirnya negara yang sempat mengalami banyak penderitaan akibat perang saudara diterima secara aklamasi.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dalam kesempatan itu mengatakan Sudan Utara dan Selatan sudah saatnya berbagi nasib yang sama dan melihat masa depan sebagai mitra sejati, bukan musuh.

Wakil Presiden Sudan Selatan Riek Machar berjanji negaranya akan menjadi anggota yang bertanggung jawab dan menghormati kewajiban sesuai hukum internasional.

Selamat untuk Sudan Selatan yang kini menjadi anggota PBB. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi eksistensi Sudan Selatan dalam pergaulan dunia internasional.

Sumber : voa news Indonesia/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami