HUT Amerika di Tengah Kegembiraan, Ada Kesedihan

Nasional / 5 July 2011

Kalangan Sendiri

HUT Amerika di Tengah Kegembiraan, Ada Kesedihan

Lois Official Writer
1799

Amerika Serikat (AS) berulang tahun tanggal 4 Juli dan dirayakan dengan pesta yang meriah di beberapa negara bagian. Ada puluhan ribu warga datang ke Manhattan untuk melihat pesta kembang api di atas Sungai Hudson tersebut. Kembang api yang berwarna-warni itu menghiasi langit. “Ini sangat cantik dan saya menyukainya,” ujar Risa Riveras, salah seorang yang hadir dalam pesta itu, seperti dikutip Associated Press, Selasa (5/7).

Kembang api terus menerus menghiasi langit dan suasana dimeriahkan oleh lagu-lagu dari artis kebangsaan AS seperti Katy Perry, LeAnn Rimes, Jennifer Hudson, dan lainnya. Para warga juga dapat menyaksikan penampilan dari Beyonce yang bernyanyi bersama musisi country Brad Paisley melalui layar lebar yang dipasang di depan patung Liberty.

Selain pesta HUT Amerika yang ke-235, tak lupa mereka menyanyikan lagu Amazing Grace untuk mengenang para korban tragedi 11 September. Setelah itu, peringatan penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan AS ke-235 diwarnai juga oleh parade, pesta kebun dan kampanye di Gedung Putih serta lomba makan. Di Pulau Coney pun diadakan lomba makan hot dog. Acara ini memang merupakan acara yang setiap tahun selalu diadakan. Di Boston, konser orkestra Boston Pops pun digelar. Festival makanan juga digelar di Akron, Ohio, dan beberapa tempat lainnya.

Ada juga upacara di rumah mantan pelopor AS Thomas Jefferson yang berada di pegunungan Charlottesville. Yang unik dari sini adalah para pejabat melakukan tradisi menerima sumpah para warga AS baru sebanyak 77 warga. Selain itu, peringatan ulang tahun Amerika ini bertepatan dengan Malia, putri tertua Presiden AS Barack Obama. Sayangnya, di tengah kemeriahan tersebut ada kecelakaan akibat ledakan kembang api. Seorang berusia 20 tahun tewas akibat kembang api berbentuk roket menyangkut di tenggorokan. Di Kansas, kembang api juga telah menyebabkan terbakarnya satu rumah.

Sungguh sangat disayangkan kejadian ini terjadi di tengah kemeriahan. Kembang api memang hal yang menarik untuk ditonton meski juga sangat berbahaya. Namun, lebih bahaya lagi jika hanya memperingati ulang tahun, baik negara maupun pribadi tapi hanya sekedar perayaan. Dengan bertambah dewasa, kita tentu berharap kita mampu memberikan yang terbaik bagi kemanusiaan.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami