Dekat Tapi Serasa Jauh

Marriage / 21 June 2011

Kalangan Sendiri

Dekat Tapi Serasa Jauh

Lestari99 Official Writer
2652

“Kehadiran lebih dari sekedar berada di sana,” ujar Malcolm S. Forbes. Betapa benarnya pernyataan itu!

Pernahkan Anda berbicara dengan seseorang dan merasa bahwa mereka terasa sangat jauh meskipun sedang duduk di samping Anda? Mereka mungkin sepertinya mendengarkan, tetapi Anda dapat merasakan bahwa mereka tidak benar-benar hadir di dalam percakapan baik secara mental maupun emosional.

Kita semua pernah mengalami momen ketika pikiran kita mengembara entah kemana dan membuat kita kehilangan fokus. Namun jika hal ini sering terjadi, hubungan kita dengan orang lain akan terkena dampak negatifnya. Di dalam pernikahan, keintiman meningkat ketika pasangan merasa terhubung dan hubungan itu akan dirugikan ketika pasangan mulai merasa hubungan mereka dengan pasangannya terputus.

Ketika pasangan hadir secara fisik namun emosinya mengembara entah kemana, pasangannya pasti akan merasakan perbedaannya. Sesuatu yang penting telah hilang, dan apa yang hilang adalah perhatian penuh pasangan di dalam percakapan maupun dalam melakukan aktivitas bersama-sama. Seringkali, pasangan yang terganggu akan merasa terburu-buru, bosan, tidak sabar, atau stres. Ketika hal itu terjadi, secara alami mereka ingin pergi dan melakukan hal lainnya.

Jika hal ini menggambarkan Anda, maka Anda akan kehilangan pengalaman yang Anda miliki saat ini karena Anda begitu terfokus pada apa yang akan Anda lakukan berikutnya. Dengan hidup di masa depan, Anda akan kehilangan saat ini. Selain membuat Anda tidak dapat menikmati saat ini, secara negatif Anda juga mempengaruhi perasaan orang lain ketika mereka berada di sekitar Anda.

“Aku akan menebusnya nanti,” Anda mungkin mengatakan hal itu kepada diri sediri ketika Anda terburu-buru mendengarkan apa yang dikatakan pasangan tanpa benar-benar melihat pada pasangan Anda secara dekat atau mendengarkan dengan seksama apa yan dikatakannya. Itu berati, perasaan tak terhubung antara Anda berdua semakin bertumbuh dengan intensif.

Salah satu cara Anda dapat menunjukkan penghargaan dan kepedulian kepada pasangan Anda adalah dengan memberikan hadiah berupa perhatian penuh. Demikian juga Anda menunjukkan penghargaan dan kepedulian kepada diri Anda sendiri ketika Anda menghargai hubungan yang mendalam dengan orang lain. Dan hal itu hanya dapat dipenuhi jika Anda menikmati setiap momen yang ada. Salah satu hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada orang lain maupun diri sendiri adalah dengan berlatih untuk sepenuhnya hadir di dalam setiap momen kehidupan Anda.

Dibutuhkan latihan dan kedisiplinan untuk menarik diri Anda kembali ke saat ini ketika pikiran Anda telah melompat ke masa depan. Mengubah kebiasaan yang telah berlangsung lama sangatlah sulit dan dapat menghabiskan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk melatihnya. Tetapi keuntungan yang Anda dapatkan sangat sebanding dengan Anda dapat kembali menikmati hidup dan keberadaan Anda saat ini.

Sampai Anda dapat belajar untuk mendengarkan dengan penuh perhatian dan fokus untuk memberikan perhatian total kepada orang lain, Anda tidak dapat terhubung pada keintiman dengan tingkat terdalam. Seperti yang diamati oleh Mary Catherwood, “Dua orang mungkin berbicara bersama di bawah atap yang sama selama bertahun-tahun namun tidak pernah benar-benar bertemu.” Ini adalah tragedi yang menimpa banyak pernikahan.

Ikuti kelima tips di bawah ini untuk menghadirkan diri Anda sepenuhnya ketika Anda sedang berinteraksi dengan pasangan Anda:

1. Hentikan apa yang sedang Anda lakukan dan pandanglah pasangan Anda ketika ia sedang berbicara kepada Anda. Hal ini akan menunjukkan rasa hormat dan membuat dirinya lebih mudah untuk fokus.

2. Ketika pikiran Anda berkelana, secara lembut arahkan kembali untuk fokus pada keadaan saat ini. Tarik nafas dalam-dalam untuk membantu Anda tetap berlabuh dan terpusat.

3. Abaikan pikiran liar yang melayang-layang di dalan pikiran Anda dan berusaha untuk mengalihkan perhatian Anda. Jika Anda tidak memberikan perhatian kepada hal itu, maka pikiran itu tidak akan menghilangkan fokus Anda.

4. Jika Anda terlalu sibuk untuk berkonsentrasi, katakan pada pasangan Anda, “Sangat penting bagiku untuk tetap fokus dengan apa yang engkau katakan, tapi saya tidak dapat berkonsentrasi saat ini. Dapatkan kita mengatur waktu lain untuk berbicara di hari ini?”

5. Pertahankan gambaran besarnya di dalam pikiran Anda. Anda sedang menginvestasikan waktu dan energi untuk menciptakan keintiman yang memuaskan dengan pasangan Anda. Setiap interaksi akan menambahkan deposit ke dalam tabungan keintiman Anda atau membuat keintiman itu semakin berkurang.

Sumber : romancestuck.com
Halaman :
1

Ikuti Kami