Tulang yang Rapuh Bisa Dideteksi Lewat Keriput di Wajah

Fit & Charming / 18 June 2011

Kalangan Sendiri

Tulang yang Rapuh Bisa Dideteksi Lewat Keriput di Wajah

Lois Official Writer
3172

Tulang yang rapuh jelas tidak akan membuat Anda terlihat menarik apalagi jika Anda sedang merasakan nyeri dan cidera. Untuk mengetahui seberapakah tulang Anda rapuh, tidak hanya melalui pemeriksaan medis tapi juga wajah. Deteksi kerapuhan tulang bisa dilakukan melalui kondisi keriput yang muncul. Menurut tim peneliti dari Yale School of Medicine di Amerika Serikat, wanita yang memiliki keriput lebih banyak, kondisi tulangnya cenderung rapuh.

Para peneliti menganalisis 114 wanita usia 40-an dan awal 50-an yang baru melewati masa menopause. Tidak termasuk mereka yang telah melakukan suntik botoks atau prosedur kosmetik lain untuk mengurangi kerutan. Kerikut pada 11 titik wajah dan leher para responden lalu dihitung. Kedalaman keriput pada titik-titik tersebut juga diukur. Para peneliti juga mencatat kekencangan kulit di area dahi dan pipi. Lalu, dengan menggunakan teknologi sinar X kepadatan tulang mereka diukur.

Hasilnya, dari hasil analisis itu wanita yang memiliki kondisi keriput parah diketahui memiliki tulang yang lemah. Kami menemukan, keriput yang dalam dan parah berhubungan dengan kerapuhan tulang. Makin buruk keriput, makin parah kerapuhan tulang. Meskipun hubungan antara tulang dan kulit tampak jelas, keduanya dibangun oleh hal yang sama yaitu kolagen,” kata salah satu peneliti, Lubna Pal, yang juga berprofesi sebagai ahli hormone, seperti dikutip dari Daily Mail.

Karena itu, daripada menghilangkan keriput di muka, ada baiknya menjaga kesehatan tulang Anda. Sehingga, Anda bukan hanya sehat di luar dan terlihat cantik tapi juga sehat dari dalam dengan tulang yang kuat. Jagalah kondisi tulang Anda dengan asupan yang diperlukan. Jadilah sehat dan kuat sampai masa tua sekalipun.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami