Makan Kerak Telor di PRJ, Yuk!

Entertainment / 9 June 2011

Kalangan Sendiri

Makan Kerak Telor di PRJ, Yuk!

Lois Official Writer
4263

Sebentar lagi Jakarta ulang tahun lho? Pada tahu kan? Itu sebabnya setiap tahun diadakan kemeriahan di PRJ, Kemayoran. Makanan apa yang terlintas di benakmu bila ditanya makanan apa yang khas Jakarta? Kerak Telor!!! Betul sekali, itu makanan yang paling terkenal. Rasanya yang unik, manis, asin, dan pedas bercampur jadi satu di lidah. Makan selagi hangat, sungguh nikmat menemani suasana Anda berjalan-jalan.

Kerak telor merupakan salah satu makanan khas daerah Betawi. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan antara lain beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering) dan parutan kelapa yang disangrai kering, bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir sebagai bumbu pelengkapnya. Cara membuat makanan ini cukup unik karena tidak dimasak di atas kompor namun dimasak di atas bara api.

Pedagang kerak telor sesekali membalikkan wajan agar permukaan dari kerak telor tersebut juga terpanggang dan matang merata sambil dikipas-kipas agar bara api tetap menyala. Setelah kering dan matang ekrak telor siap untuk disajikan bersama dengan parutan kelapa yang sudah disangrai dan dimasak hingga kecoklat-coklatan. Melihat pedagangnya memasak kerak telor ini merupakan hiburan tersendiri buat pembelinya.

Saat ini, pedagang kerak telor jarang sekali didapati, karena sudah tergilas dengan makanan modern yang ada. Tapi jika Anda ingin mencicipi makanan yang dijual murah namun enak ini, Anda dapat datang ke PRJ karena di sana biasanya banyak pedagang kerak telor yang berkumpul dengan kelebihannya masing-masing.

Sumber : budaya-indonesia.org/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami