Leukimia Timothy Sembuhkan AIDS yang Dideritanya

Nasional / 20 May 2011

Kalangan Sendiri

Leukimia Timothy Sembuhkan AIDS yang Dideritanya

Lois Official Writer
3348

Timothy Ray Brown diketahui positif (Human Immunodeficiency Virus) pada tahun 1995. Tahun 2008, Brown tinggal di Berlin. Selain HIV, dia juga mengidap leukemia. Di sana, ilmuwan melakukan cangkok tulang sumsum untuk mengobati leukimianya. Ilmuwan mengatakan, Brown mendapat sumsum dari donor yang termasuk dalam 1% Caucasia kebal HIV.

“Saya berhenti berobat HIV di hari saya mendapat transplant itu,” papar pria yang dijuluki ‘Pasien Berlin’ itu. Dokter mengatakan, pria 45 tahun di California ini mungkin menjadi orang pertama yang sembuh dari AIDS. Ini diketahui dari gen kebal HIV miliknya. Dia masuk dalam jurnal ilmiah. Dokter menyebut kondisi ini sebagai penyembuhan fungsional.

Peneliti AIDS Dr. Jay Levy dari University of California, San Fransisco (UCSF) mengatakan bahwa kasus Brown membuka pintu riset penyembuhan HIV / AIDS. Namun, meskipun demikian dokter menekankan produser radikal Brown ini mungkin tidak cocok dengan penderita HIV lainnya karena sulitnya cangkok sumsum dan menemukan donor yang sesuai. “Tentunya Anda tak mau melakukan cangkok ini karena resiko kematiannya,” ungkap Paul Volberding dari UCSF.

Meskipun di sisi lain banyak pertanyaan mengenai bagaimana pengobatan Brown ini bisa menyembuhkan HIV yang dideritanya, namun, hal ini akan menjadi studi yang menarik. Dan bagi orang lain, tercipta suatu kemungkinan baru untuk bisa sembuh dari HIV / AIDS. Buat Brown sendiri, tentunya dia merasa sangat bersyukur. Ternyata Tuhan membuka jalan dengan ‘memberikannya penyakit yang satu’ untuk menyembuhkan kedua penyakit berbahaya yang dideritanya

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami