Catherine, Apakah Nama Kutukan di Inggris?

Nasional / 28 April 2011

Kalangan Sendiri

Catherine, Apakah Nama Kutukan di Inggris?

Lois Official Writer
11026

Kate Middleton atau bernama lengkap Catherine Middleton sebentar lagi akan bergelar Putri Catherine setelah menikah dengan Pangeran William. Ia nanti bakal menyandang gelar Ratu Catherine yang keenam. Namun ternyata, nama Catherine sendiri punya sejarah buruk dalam keluarga Kerajaan Inggris.

Ratu Catherine yang pertama berasal dari Valois, seorang putri cantik dari Perancis. Ia menikah dengan Henry V pada 1420 ketika ia berusia 19 tahun. Ia melahirkan seorang anak laki-laki tetapi suaminya sedang melakukan kampanye di Perancis ketika itu malah meninggal sebelum sempat melihat anaknya lahir. Ratu Catherine sudah menjadi janda di usia 20 tahun.

Catherine kedua berasal dari Aragon, Spanyol yang merupakan istri pertama dari Henry VII. Ia datang ke Inggris tahun 1501 dalam usia 16 tahun untuk menikah. Mereka memiliki anak laki-laki tapi meninggal di usia 3 bulan. Henry menelantarkan Catherine dan membuat aturan gereja sehingga dia bisa mengabulkan sendiri perceraiannya. Setelah 24 tahun menikah, Catherine akhirnya diceraikan dan meninggal tiga tahun kemudian.

Katherine Howard adalah istri kelima Henry VIII. Ia menikah ketika berusia 15 tahun dan Henry berusia 49 tahun. Dia kemudian dituduh terlibat dalam pembunuhan Thomas Culpeppet, salah satu sahabat raja. Ia diadili tanpat didampingi keluarga dan kemudian dihukum mati saat usianya baru 18 tahun. Kemudian ada kisah Catherine Parr yaitu istri keenam Henry VIII. Ia berasal dari kalangan biasa dan pernah menikah dua kali dimana kedua suami sebelumnya ini meninggal. Dia pun meninggal ketika melahirkan.

Kisah terakhir adalah Catherine dari Braganza, dia menikah dengan Charles II, seorang raja yang lebih mencintai selir-selirnya daripada istrinya sendiri. Ia tinggal terpisah dari suaminya di Somerset, London. Ia kembali ke Portugal ketika tahta suaminya diambil alih oleh adiknya, James II. Dia meninggal sebagai janda bangsawan di negerinya sendiri.

Kehidupan para Catherine ini mempunyai beberapa kesamaan. Mereka dicintai oleh suaminya. Hal ini sangat jarang terjadi, mengingat umumnya pernikahan keluarga kerajaan selalu melalui perjodohan. Selain itu, mereka selalu memakai inisial C ataupun K untuk nama mereka. Uniknya lagi, Kate punya kesamaan dengan Catherine dari Lancaster yang menikah dengan Henry II. Keduanya mempunyai adik yang namanya juga sama yaitu Philippa. Namun, apakah itu berarti nama Catherine berarti kutukan buat mereka? Arti dari nama Catherine itu sendiri adalah suci atau tidak berdosa. Meskipun sejarah buruk nama Catherine membayangi Kate, tentu saja tidak menjadikan Kate mengalami nasib serupa. Kita harapkan Kate dan William hidup damai bahagia sampai maut memisahkan mereka.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami