Karena Agama, 500 Warga Nigeria Meregang Nyawa

Nasional / 25 April 2011

Kalangan Sendiri

Karena Agama, 500 Warga Nigeria Meregang Nyawa

daniel.tanamal Official Writer
3395

Mengerikan, apa yang terjadi di Nigeria sungguh akan membuat setiap orang akan merinding. Pemilihan umum presiden yang baru saja selesai dilaksanakan meminta korban jiwa. Diperkirakan 500 warga Nigeria tewas meregang nyawa akibat konflik diantara masyarakat sipil yang ditengarai persoalan agama sang presiden yang baru terpilih.

Dilansir BBC, kekerasan terjadi usai sang presiden terpilih Goodluck Jonathan, yang berasal dari kalangan Kristen, mengalahkan kandidat Muslim Muhammadu Buhari. Konflik pun pecah. Organisasi HAM di Nigeria menyebutkan sekitar 500 orang tewas atas kerusuhan itu. Jumlah korban kekerasan diperkirakan jauh lebih besar dan sebagian besar di wilayah utara negara bagian Kaduna dan diperkirakan jumlah korban.

Peristiwa itu menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi dari tempat tinggal mereka. Namun Muhammadu Buhari membantah telah menghasut pendukungnya dan menyebutkan kekerasan itu sebagai peristiwa yang " menyedihkan, tidak diharapkan dan tidak berdasar."

Sebagian besar masyarakat di wilayah Utara merasa presiden yang akan datang harus memeluk agama yang sama dengan mereka, sebab seorang presiden Muslim yaitu Umaru Yar'Adua meninggal sebelum masa jabatannya berakhir. Jonathan sendiri merupakan Wakil Presiden dan diangkat menjadi presiden pada tahun lalu, setelah kematian Umaru Yar'Adua, yang berasal dari daerah Muslim di utara.

Kongres masyarakat sipil mengatakan kekerasan yang paling parah terjadi di Kota Zonkwa di wilayah Kaduna, dan diperkirakan sekitar 300 orang tewas. Pemimpin Kongres menyebutkan sekitar 516 orang tewas dalam peristiwa kekerasan itu. Koresponden di Nigeria melaporkan kerusuhan karena ketidakpuasan terhadap hasil pemilu, kemungkinan berlanjut di negara yang memiliki 36 negara bagian itu.

Kemiskinan dan marginalisasi ekonomi juga memungkinkan terjadinya konflik ini menurut pengamatan para analis. Selain faktor budaya etnis dan bahasa yang berbeda antara Nigeria bagian Utara dan Selatan.

Sumber : BBC/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami