Wanita dan Peristiwa Kematian Yesus

Kata Alkitab / 21 April 2011

Kalangan Sendiri

Wanita dan Peristiwa Kematian Yesus

Budhi Marpaung Official Writer
5295

Tidak banyak hamba Tuhan atau buku-buku rohani yang mengangkat tentang wanita-wanita golongan orang percaya dalam peristiwa kematian Tuhan Yesus 2000 tahun yang lalu. Kalaupun ada, yang disorot adalah Maria ibu Yesus dan Maria Magdalena, pelacur yang mengurapi kaki Yesus dengan minyak yang sangat mahal. Namun tahukah Anda bahwa ada wanita-wanita lain yang ditulis di dalam Alkitab ketika Sang Mesias menggenapi rencana Bapa bagi hidup-Nya. Siapa sajakah mereka?

Markus 15:40 mencatat ada 2 wanita lain yang turut menyaksikan kejadian yang maha dahsyat itu, yang pertama adalah Maria Ibu Yakobus Muda dan Yoses. Tak banyak catatan yang ditinggal mengenai wanita ini. Alkitab hanya menuliskan bahwa ia telah menjadi pengikut Yesus dan sudah melayani Yesus semasa DIA masih di Galilea (ayat 41).

Bersama dengan Maria Magdalena, Ibu Yakobus Muda dan Yoses melihat secara langsung bagaimana menderitanya Sang Guru (meskipun perbuatan mereka hanya dilakukan dari jarak jauh).

Wanita kedua adalah Salome. Sama seperti Ibu Yakobus Muda dan Yoses, tidak banyak yang bisa diketahui dari Salome. Penulis kitab Markus hanya mencatat bahwa wanita tersebut merupakan pengikut Yesus dan sudah melayani Yesus semasa DIA masih di Galilea.

Keberadaan para wanita ini di tengah kejadian kematian Yesus adalah hal yang sangat penting. Mengapa bisa penulis mengatakan seperti itu? Karena apa yang tercatat di dalam Alkitab pasti semuanya menjadi perhatian Allah. Walau sedikit tulisan mengenai wanita-wanita diatas, tetapi dari situ saja kita dapat mengetahui bahwa Allah tertarik dengan mereka. Allah memperhitungkan kehadiran mereka disana. Wanita-wanita ini sangatlah bernilai dihadapan-Nya.

Menjadi wanita bukanlah sebuah kutukan. Anda tidak perlu menyesali jenis kelamin Anda. Bersyukurlah kepada Allah yang kita sembah karena DIA tidak memperhatikan manusia dari hal-hal luar, tetapi dalamnya diri kita.

Anda mungkin bukanlah pendeta dari ribuan jemaat atau pemimpin pujian yang lagunya selalu mencetak hits, melainkan Anda hanyalah seorang ibu rumah tangga atau wanita karir. Namun tahukah Anda, apa yang Anda miliki dapat menyenangkan hati Tuhan? Lewat doa-doa Anda, uang yang Anda miliki, profesi Anda (bagi Anda yang berkarir), bahkan keahlian memasak Anda sekalipun, semuanya bisa dipakai untuk kemuliaan-Nya.

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami