Goodluck Jonathan Akhirnya Pimpin Nigeria

Goodluck Jonathan Akhirnya Pimpin Nigeria

daniel.tanamal Official Writer
2978

Usai kekerasan dan polemik berkepanjangan pada pemilihan umum presiden di Nigeria, akhirnya presiden incumbent Goodluck Jonathan dinyatakan sebagai pemenang setelah ia merebut 57 persen suara. Angka ini jauh dari capaian penantang utamanya, mantan penguasa militer dari Nigeria Utara Muhammadu Buhari, mendapatkan 12,2 juta suara atau 31 persen. Semua suara yang diperoleh Jonathan sebanyak 22,5 juta.

“Saya menyampaikan selamat kepada para kandidiat dari partai-partai politik lain. Saya melihat mereka bukan sebagai penentang tetapi sebagai sahabat,” ujarnya seraya menyebut nama para rivalnya termasuk Buhari dan menaruh hormat kepada mereka. Jonathan adalah presiden pertama dari daerah kaya minyak Niger Delta di Nigeria Selatan yang mayoritas Kristen.

Meskipun diwarnai aksi kekerasan di Nigeria Utara yang memprotes kemenangannya tersebut juga penolakan pihak oposisi terhadap hasil akhir pemilu Senin (18/4), tetapi, dalam pidato kemenangannya Jonathan menyerukan persatuan nasional. Dia juga mengklaim bahwa Nigeria bisa menyelenggarakan sebuah pemilu yang adil.

Para pemantau memuji penyelenggaraan pemungutan suara di negara yang penuh dengan sejarah kekerasan itu. Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague memuji Jonathan. Menurutnya, pemilu Nigeria tahun ini adalah yang paling bisa dipercaya sejak berakhirnya era kepemimpinan militer pada 1999.

Jonathan menjadi Presiden Nigeria pada Mei 2010 menggantikan Presiden Umaru Yar’Adua yang meninggal dunia. Sebelumnya dia adalah wakil Umaru Yar’Adua. Presiden bernama lengkap Goodluck Ebele Azikiwe Jonathan ini berasal dari Partai Rakyat Demokratik. Lahir dari keluarga Kristen, Jonathan mendapat nama unik “Goodluck” karena sang ayah berpendapat bahwa anaknya membawa unsur keberuntungan.

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami