Polisi Hebat, Cegah Tawuran Lewat Twitter

Nasional / 10 April 2011

Kalangan Sendiri

Polisi Hebat, Cegah Tawuran Lewat Twitter

daniel.tanamal Official Writer
3280

Nilai positif jejaring sosial memang akan terasa bermanfaat jika dipergunakan secara tepat dan bertanggungjawab. Kreatifitas seseorang dapat terbantu dengan penggunaan jejaring sosial semacam twitter. Seperti yang dilakukan polisi Belanda dalam mencegah tawuran warga antar kampung atau siswa antar sekolah.

Kantor berita Beladan ANP, sebagaimana dikutip radio Nederland, Kamis (7/4), melaporkan, polisi Veendam (Groningen), Belanda, mencoba untuk mencegah tawuran massa antar dua sekolah yang berseteru dengan menggunakan jaringan blog mikro, Twitter. Murid-murid sekolah Winkler Prins dan Ubbo Emmiuscollege sejatinya akan saling berseteru hari Kamis.

Polisi mencoba untuk mencegah pergerakan para siswa melalui Twitter, kata seorang juru bicara. Ini metode unik, katanya. Benar saja, senin lalu pecah tawuran antara murid kedua sekolah. Murid-murid sekolah Winkler Prins meninju seorang guru sekolah Ubbo Emmiuscollege, yang tidak ikut dalam aksi demo, saat guru tersebut ingin mencegah mereka masuk ke pekarangan sekolah.

Polisi yang mendengar bahwa murid-murid kedua sekolah akan saling baku hantam pun langsung bertindak cepat dengan mencegah hal tersebut nmenjadi menyebar. Melalui Twitter para polisi ini merasakan manfaatnya. "Melalui Twitter kami memberitakan bahwa kami sudah tahu akan rencana itu. Sehingga mereka waspada." Nah, mari kita pergunakan jejaring sosial bukan lagi sebagai medium narsistik untuk kepentingan pribadi namun untuk kepentingan bersama yang lebih terasa manfaatnya.

 

Sumber : radio nedeland - DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami