Memulai Dengan Canggung, Mengakhiri Dengan Hebat

Career / 9 April 2011

Kalangan Sendiri

Memulai Dengan Canggung, Mengakhiri Dengan Hebat

Puji Astuti Official Writer
3362

Konsultan Bisnis Mashall Thurber berkata, “Apapun yang layak dilakukan dengan baik adalah layak dilakukan dengan buruk pada awalnya.” Ingat ketika Anda pertama kali belajar naik sepeda atau menyetir mobil? Tentunya Anda tidak langsung bisa tapi memulainya dengan sangat buruk. Anda mulai dengan cara yang sangat canggung, namun setelah belajar beberapa waktu, tentu Anda akan makin baik melakukannya. Bahkan pada akhirnya, jika Anda tekun berlatih Anda akan menjadi mahir melakukannya.

Demikian juga halnya jika Anda ingin mencapai sebuah prestasi dalam pekerjaan Anda. Ketika Anda memulai sesuatu, Anda mungkin tidak tahu banyak dengan apa yang Anda kerjakan. Namun jika Anda belajar dan berlatih dengan tekun pada akhirnya Anda pasti akan mencapai tahap mahir. Untuk mencapai hal itu, Anda perlu menetapkan target, meluangkan waktu dan bersedia bekerja keras untuk terus belajar dan berlatih dengan tekun.

Bruce Jenner, Pemenang medali emas Olimpiade dalam cabang olahraga dekatlon pernah berkata, “Aku belajar bahwa satu-satunya cara mencapai kemajuan dalam kehidupan adalah dengan bekerja keras. Entah kau musisi, penulis, atlet, atau pengusaha, tidak ada lain. Jika melakukannya, kau akan menang – jika tidak, tidak akan.

Apa yang Anda ingin raih hari ini? Langkah pertama untuk mencapainya adalah cari tahu apa yang harus Anda lakukan untuk bisa mencapai target tersebut. Anda perlu meneliti pengalan orang lain yang pernah mencapainya. Konsekuensi apa yang mereka alami, pengorbanan apa yang harus mereka lakukan.

Anda mungkin akan menemukan bahwa beberapa konsekuensi lebih besar daripada yang bersedia Anda bayar. Anda mungkin tidak mau mempertaruhkan kesehatan Anda, hubungan Anda, atau seluruh tabungan Anda untuk mencapai target tersebut.

Apakah pekerjaan impian Anda setimpal dengan pengorbanan yang Anda lakukan? Jika pekerjaan impian Anda harus membuat Anda mengorbankan waktu bersama keluarga dan anak-anak Anda, maka mungkin itu tidak setimpal dengan apa yang Anda korbankan. Namun hanya Anda yang bisa memutuskan apa yang baik bagi Anda dan konsekuensi apa yang bersedia Anda bayar. Mungkin apa yang Anda ingin capai baik untuk jangka pendek, namun bagaimana dengan konsekuensi jangka panjangnya? Hal itu pun perlu Anda pertimbangkan.

Kehidupan ini penuh resiko, semakin besar keuntungan yang ingin Anda dapatkan, resiko yang Anda harus tanggung juga semakin besar. Namun seni kehidupan adalah bagaimana Anda meminimalkan resiko tersebut, hal itulah yang membuat seseorang menjadi hebat.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami